Nasional

Kabar Baik! Pemerintah Subsidi Minyak Curah, Menko Perekonomian Pastikan Ketersediaan di Pasaran

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan tak ada lagi kelangkaan minyak goreng.

Hal itu dikatakannya, usai melakukan rapat internal terbatas (Ratas) membahas soal fenomena kelangkaan minyak goreng di penjuru Nusantara.

Airlangga mengatakan, pemerintah telah memutuskan untuk menyalurkan minyak curah bersubsidi dengan harga Rp14 ribu per liter.

Penyampaian keputusan ini tak lepas dari pantauan pemerintah yang terus memperhatikan situasi penyaluran dan ketersediaan minyak goreng.

Selain itu, pemerintah juga memperhatikan situasi global dimana terjadi kenaikan harga komoditas minyak nabati dan minyak goreng.

“Subsidi akan berbasiskan pada dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BDPKS),” ujar dia yang ditayangkan secara live di channel youtube Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Lebih lanjut, Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menyebut harga minyak goreng kemasan, akan dilakukan penyesuain sesuai dengan harga keekonomiannya.

Sehingga dengan nilai keekonomian tersebut, minyak sawit akan tersedia di pasar modern, pasar tradisional ataupun di pasar basah.

Ditempat yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa sejak kemarin pihaknya sudah melakukan pengecekan secara langsung di pasar, guna mengetahui harga minyak.

Oleh karena itu, terkait kebijakan harga pada minyak curah, Polri siap mengawal distribusi dan ketersediaan stok di pasar yang betul-betul real.

“Tentunya kami akan bekerjasama dengan stackholder terkait untuk memastikan stok minyak curah dan kemasan semuanya ada di pasar,” tukasnya.

 

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button