Categories: Kesehatan

Terapkan Pola Hidup Sehat Sejak Muda, Bebas Dari Kolesterol

Share
Dengarkan

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Memiliki tubuh sehat, bugar dan bebas dari masalah kolesterol merupakan dambaan setiap orang. Untuk memiliki tubuh yang sehat, tipsnya mudah yaitu hanya dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak muda.

Ditemui di acara Gerakan Jantung Sehat Indonesia Tangkal Kolesterol Bersama Nutrive Benecol, Sabtu (27/10/2018), Dr Ervina mengatakan, sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh tubuh sendiri dan hanya sekitar 30 persen yang diperoleh dari makanan. Meski demikian, kita perlu menghindari makanan-makanan ini agar kadar kolesterol tidak melambung.

“Hindari makan gorengan. Proses menggoreng umumnya membutuhkan pemanasan minyak dalam waktu yang cukup lama. Proses ini membuat asam lemak di dalam minyak yang dipakai untuk memasak makin jenuh hingga memunculkan asam lemak trans. Asam lemak trans merupakan asam lemak yang paling memicu pembentukan kolesterol LDL dan harus dihindari sebisa mungkin,” jelasnya.

BACA JUGA:
>   Ribuan Bendera Berlafadz Tauhid Berkibar di Kendari
>   BNN Kota Kendari Bekuk Mahasiswa Pengedar Narkotika Jenis Tembakau Gorila
>   Pembakaran Bendera Tauhid Memenuhi Unsur Penistaan Agama
>   Kapolres Kendari Ancam Bubarkan Orasi Khilafah

Selain gorengan, hindari makan daging berlebih. Sumber protein hewani seperti daging sapi, daging kambing atau ayam dengan kulit, mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Selain itu, upayakan olahraga setiap hari. Paling tidak berjalan keliling kompleks selama 15 menit.

Dalam kesempatan itu juga, dokter cantik ini menyarankan rajin mengonsumsi Nutrive Benecol setiap hari, setiap habis sarapan dan makan siang. Sebab mengandung Plant Stanol Ester, sehingga mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran cerna.

Alasan ia mengajak untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak muda, karena orang dengan kolesterol tinggi dua kali lebih berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

“Ngeri banget. Soalnya kalau kolesterol itu kan dampaknya bisa ke mana-mana, ke diabetes, ke jantung. Jadi, mending dijaga kolesterolnya,” ucapnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat sejak dini agar kadar kolesterolnya selalu terjaga.

Reporter: Ningsih
Editor: Rani

Komentar