Kesehatan

Sawi Hijau dan Manfaatnya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kebutuhan akan sayuran selama berpuasa merupakan hal yang penting selama menjalani ibadah puasa, untuk beberapa jenis sayuran, sawi masih menjadi sayuran yang sering dicari masyarakat.

Hal ini dijelaskan oleh Wa Ube (33), Penjual sayur mengatakan dari beberapa jenis sayur yang dijualnya, sawi menjadi salah satu yang sering dicari masyarakat, terbukti setiap kali menjual, sayuran sawi tidak pernah tersisa.

“Kalo untuk sayur sawi setiap hari habis terus,” ujarnya Senin (27/5/2019).

Meskipun harga sayur sawi saat Ramadan harganya sempat naik dikisaran harga Rp 5000/ikat tetapi tidak mengurangi daya beli masyarakat.

“Sebelumnya kan biasanya Rp 2500/ikat saya jualkan, baru-baru ini naik 5 ribu/Ikat tapi untuk pembeli, tetap ji biasanya habis terus,” pungkasnya.

Tetapi tahukah anda kalau kandungan dan manfaat sawi sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dikutip dari doktersehat, Sawi merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari marga Brassica. Sawi memiliki banyak sekali jenis mulai dari jenis sawi hijau seperti caisim dan pakcoy, sawi pahit atau mustard greens, hingga sawi putih. Meskipun jenisnya berbeda-beda, tetapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak jauh berbeda.

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang baik bagi tubuh karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung dalam sawi antara lain seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan vitamin K.

[artikel number=3 tag=”kesehatan,sembako”]

Sawi juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti sodium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Sama seperti sayuran hijau lainnya, sawi juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Sedangkan manfaat sawi bagi tubuh kita, pertama, antioksidan. Sumber antioksidan yang baik sering disebut salah satu manfaat sawi pahit, tapi sebenarnya bukan hanya sawi pahit saja yang mengandung antioksidan. Semua jenis sawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi ditambah dengan senyawa lainnya, membuat sawi menjadi sayuran yang mampu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Kedua, Detoksifikasi tubuh, manfaat sawi yang kedua adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika sedang beraktivitas, tentunya kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Tanpa kita sadari setiap harinya terdapat berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun seiring dengan berjalannya waktu, racun-racun tersebut dapat menumpuk dan berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, tubuh kita membutuhkan perlindungan dan salah satunya dapat dibantu dengan makanan bergizi yang kita konsumsi. Sawi yang tinggi serat dapat membantu menyingkirkan racun yang berada dalam sistem pencernaan. Sedangkan kandungan klorofil dalam sawi dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun lainnya dalam tubuh.

Ketiga, mencegah kanker, manfaat sawi selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Manfaat ini tentunya tidak terlepas dari fakta sawi yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, Beberapa sayuran yang memiliki aroma tajam seperti lobak dan sawi memiliki kandungan suatu komponen yang bernama  glucosinolate. Manfaat dari komponen ini ternyata salah satunya adalah sebagai yang dapat menangkal pertumbuhan sel kanker.

Keempat, menjaga sistem imun tubuh, khasiat sawi lainnya adalah menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun bertugas untuk melindungi tubuh dan melawan semua patogen yang dapat menyebabkan infeksi. Salah satu cara untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjaga asupan makanan.

Konsumsi sawi dengan rutin dapat menjaga sistem imun agar dapat bekerja dengan baik karena sawi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat sawi untuk menjaga sistem imun tubuh juga didapatkan dari sifat antiinflamasinya yang dapat mencegah agar peradangan tidak semakin parah.

Kelima, mengontrol kadar kolesterol, tingginya kolesterol jahat dalam darah akan sangat membahayakan tubuh. Ada banyak sekali penyebab meningkatnya kadar kolesterol dan salah satu faktor terbesarnya tentu saja berasal dari makanan. Tapi di samping keberadaan makanan yang dapat meningkatkan kolestrol jahat, tentunya banyak juga jenis makanan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

Hal itu lah yang menjadi alasan pentingnya untuk selalu memerhatikan apa yang kita makan. Konsumsi sayuran hijau seperti sawi yang kaya akan antioksidan bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan mencegah peningkatan kolesterol jahat.

Keenam, baik untuk dikonsumsi ibu hamil, sayuran hijau seperti sawi juga merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi sawi dapat menambah asupan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan bayi karena berpengaruh pada pembentukan sel dan DNA.

Ketujuh, membantu menurunkan berat badan Manfaat sawi selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi manfaat sawi yang satu ini tentunya bukan manfaat secara langsung yang artinya banyaknya konsumsi sawi tidak akan berpengaruh pada jumlah berat badan yang akan turun.

Sawi merupakan jenis sayuran yang kaya serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu dalam program penurunan berat badan. Jangan lupa mengimbangi asupan makanan dan olahraga agar program penurunan berat badan menjadi lebih efektif.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button