Kesehatan

Pasien Reaktif Rapid Tes Asal Konawe Utara Meninggal Dunia

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gugus Tugas Percepatan Penangangan Virus Corona atau Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra), mengumumkan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) meninggal dunia.

Koordinator Tim I IGD Covid-19 RSUD Bahteramas Kendari, Ns. Desnal Herianus, S.Kep mengatakan pasien berinisial AL (56) dengan jenis kelamin laki-laki itu meninggal dunia pada pukul 08.10 Wita, Jumat (8/5/2020).

“Satu PDP Asal Konut telah meninggal dunia pagi tadi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dasnal Harianus menjelaskan pasien tersebut masuk RSUD Bahteramas Kendari pada pukul 23.35 Wita, 24 April 2020 lalu, dengan keluhan pasien sesak napas berat, dan batuk yang sudah sebulan dideritanya dan demam.

Sehari setelah pasien masuk di IGD non Covid-19, pihak RSUD Bahteramas Kendari melalukan tes rapid, namun hasilnya non reaktif alias negatif. Lalu pasien dirawat di ruang ICU pada tanggal 25 April sampai 2 Mei 2020.

Kemudian pihak RSUD Bahteramas Kendari kembali melakukan rapid tes kedua tepatnya taggal 2 Mei 2020, dan hasil tes rapid kedua dinyatakan reaktif atau positif Covid-19.

“Maka instruksi DPJP untuk memindahkan pasien ke IGD Covid-19. 4 Mei pasien melakukan tes swab, namun hasilnya hingga saat ini belum keluar,” beber Dasnal Herianus.

Selanjutnya, penanganan jenazah pasien diberlakukan sesuai protokol kesehatan jenazah Covid-19.

“Jenazah telah di kebumikan di TPU Punggolaka Kota Kendari sekitar pukul 11.00 Wita oleh Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 dari RS Bhayangkara Polda Sultra,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button