Metro Kendari

Wow! Warga Kendari Produksi Sampah 570 Ton/Hari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Beberapa survei tahun terakhir mengatakan bahwa Kota Kendari memproduksi 570 ton sampah perhari.

Perbandingan survei sepuluh tahun lalu, Kota Kendari memproduksi 248 ton sampah perhari, artinya bahwa produksi sampah mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Dalam beberapa hari terakhir sampah menjadi masalah untuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DHLK) ini disebakan masalah administrasi, dan akan diselesaikan selama dua hari ke depan.

[artikel number=3 tag=”sampah,produksi,” ]

Dan untuk pengangkutan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kendari hanya mampu mengangkut 180/ton perhari, 300 tonnya adalah sampah yang bersumber dari selokan, home industri, dan yang ada di Teluk Kendari, sisanya yang berhamburan di jalan dan di kali.

Kepala DLHK Kota Kendari, Paminuddin, mengatakan saat ini pihaknya memiliki tantangan dalam persoalan lingkungan yaitu peran serta masyarakat yang masih sangat rendah dalam mengelola lingkungan. Contohnya, membuang sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) sesuai jadwal, membuang sampah di kali, melakukan pemilihan dari sampah rumah tangga.

Hal itu dikatakan Paminuddin di Pantai Nambo, Senin (25/2/2019).

“Rendahnya iuran sampah masyarakat, oleh karena itu lurah, camat perlu ditindaklanjuti kembali, prosesnya didiskusikan melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda),” tutupnya.

Reporter: M4
Editor: Rani

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button