Metro Kendari

Pemprov Dorong Penanganan Sampah Plastik di Kawasan Objek Wisata

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Perhelatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-39 yang diadakan di Sulawesi Tenggara (Sultra) November mendatang, diperkirakan ribuan wisatawan nasional hingga wisata mancanegara bakal mengunjungi destinasi – destinasi wisata yang ada di wilayah Sultra.

Atas agenda kunjungan tamu HPS yang diperkirakan jumlahnya mencapai 30.000 orang, sebagai tuan rumah, pemerintah provinsi dorong penaganan sampah platik dibeberapa kawasan wisata di bumi Anoa ini.

Pelaksana Tugas, Kepala Dinas Pariwisata, Sultra, I Gede Panca menerangkan bahwa, wilayah sultra banyak terdapat objek wisata dan memiliki daya tarik tinggi untuk dikunjungi wisatawan.

[artikel number=3 tag=”wisata,sampah”]

“Kita punya ikan yang melimpah, karang, pasir putih dan beberapa kekayaan wisata lainnya, hanya saja masih ada kendala dalam hal nilai jual kepada wisatawan,” ujarnya.

Meskipun begitu, Panca menyadari kebersihan pada kawasan objek wisata belum tertangani secara maksimal, buktinya masih ada beberapa sampah pelastik yang bertebaran, apalagi kata panca, orang asing sangat tidak suka dengan keberadaan sampah plastik, untuk itu melalui program yang dugagas, pemerintah provinsi “Perang terhadap sampah plastik”.

“Jadi memang untuk destinasi wilayah di bawah pengendalian pemerintah provinsi, kami sudah adakan program untuk bersih bersih sampah plastik, minimal sekali lah. Tujuannya bagaimana kita meminimalisir sampah plastik di destinasi wisata,” tambahnya.

Misalnya, tambah Panca untuk Kota Kendari melalui wali Kota Kendari dan dinas lingkungan hidup setiap OPD diturunkan 10 orang staff untuk membersihkan sampah-sampah plastik, namun kegiatan itu perlu dilakukan kembali sehingga pada saat HPS dimulai keberadaan sampah plastik dapat diatasi.

Selain melakukan bersih-bersih sampah plastik, pemprov sudah mulai mengadakan training informal kepada stafnya yang menjaga di destinasi wisata, seperti destinasi pulau bokori, pantai dan beberapa destinasi yang bakal dikunjungi.

“Supaya kalau datang tamu kita, biar bagaimana memperlakukan mereka secara sopan, kemudian memberikan informasi yang jelas,” pungkasnya.

Reporter: Musdar
Editor: Sumarlin

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button