iklan


iklan
Metro Kendari

Tokopedia Gandeng IZI Beri Pelayanan Kesehatan Gratis pada Masyarakat Pelosok di Konsel

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ratusan masyarakat di Desa Ahuangguluri, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat pelayanan kesehatan gratis.

Pengobatan gratis ini sendiri diselenggarakan oleh Tokopedia yang menggandeng Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sultra.

Ketua tim selaku perwakilan IZI Sultra Sri Ramdhani mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini berupa pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah sekaligus dengan pemberian obat-obatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan langsung oleh dokter dan beberapa perawat dari Puskesmas Kecamatan Baito.

Pihaknya memilih lokasi yang terpencil dengan akses jalan yang sangat ekstrem, menjadi alasan kegiatan ini dilaksanakan di wilayah tersebut. Sebab, kendala akses dan puskesmas yang jaraknya cukup jauh juga menjadi hambatan bagi masyarakat setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di puskesmas.

“Jumlah pasien atau masyarakat yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebanyak 100 orang, mayoritas dari mereka merupakan usia lansia dan sangat jarang melakukan pemeriksaan kesehatan ke puskesmas setempat,” ujar dia, Kamis (25/8/2022).

Tak lupa Sri Ramdani memberikan apresiasi terhadap Tokopedia yang sudah mau menggandeng IZI Sultra guna berbagi kebaikan terhadap sesama.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas antusias masyarakat Kecamatan Baito, untuk datang dan memeriksakan diri, meski dalam kondisi musim penghujan.

“Semoga program ini dapat memberikan asas manfaat untuk masyarakat sekitar,” tuturnya.

Kepala Puskesmas Baito dr. Rahmat tentu menyambut baik kegiatan kolaborasi antara Tokopedia dan IZI Sultra, untuk menggelar kegiatan sosial di bidang kesehatan.

Dengan program ini, pihaknya merasa terbantu dalam pelaksanaan tugas untuk mengontrol kondisi kesehatan masyarakat yang tinggal di Desa Ahuangguluri.

“Masyarakat sangat sulit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan langsung ke puskesmas, karena akses jalan yang tidak memadai,” ungkap dia.

Sementara itu, Edom (70) salah satu warga Desa Ahuangguluri mengucapkan terima kasih kepada Tokopedia dan IZI yang telah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini.

“Dengan kegiatan ini juga kami bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mudah terutama kami yang sudah tua dan kesusahan melakukan pemeriksaan langsung ke Puskesmas,” tukasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button