iklan
Metro Kendari

Tingkatkan Potensi Perajin Tenun, Pemkot Kendari Gelar Pelatihan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui dinas tenaga kerja dan perindustrian menggelar pelatihan tenun di salah satu hotel di Kendari, Minggu (25/9/2022).

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, dengan adanya pelatihan tersebut para perajin tenun dapat meningkatkan potensi yang dimiliki.

“Salah satu tujuan (pelatihan) untuk meningkatkan potensi, karena di Kota Kendari hanya beberapa titik yang bisa menenun, salah satunya Kelurahan Gunung Jati,” ujar Sri Lestari.

Dia mengatakan, setelah para peserta mengikuti pelatihan tersebut, akan diberikan bantuan agar membantu dalam menenun.

“Jadi setelah adanya pelatihan, kita akan lihat bagaimana pengembangan motifnya, sehingga mereka (perajin) dapat menghasilkan desain motif yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari Muhammad Ali Aksa mengatakan, pelatihan tenun tersebut diikuti 25 peserta yang berasal dari perajin tenun di Kota Kendari.

“Dengan pelatihan ini, kita mencoba memberdayakan masyarakat untuk menenun serta mengembangkan hasil tenun Kendari,” ucapnya.

Tujuan diadakannya pelatihan tersebut yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta tentang tenun dan meningkatkan nilai pendapatan ekonomi serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi peserta pelatihan. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button