Metro Kendari

Tingkatkan Pelayanan, PDAM Akan Gandeng PT Adhi Karya

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Beberapa masalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kendari yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara maksimal seperti kebocoran pipa, kehilangan air, sampai aliran air yang tidak lancar.

Untuk mengatasi hal ini Pemerintah Kota Kendari melalui PDAM Tirta Anoa Kota Kendari menjajaki kerjasama dengan PT. Adhi Karya Tbk.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menjelaskan, untuk bekerja sama dengan PDAM, calon investor masih dalam tahapan melakukan survei di lapangan. Baik itu tentang potensi kebutuhan pengeluaran air dan finansialnya.

[artikel number=3 tag=”pdam,kendari”]

“Karena kita tau, hitung-hitungan perusahaan kalau mau investasi dananya bisa balik atau tidak. Sekaligus mereka memastikan apakah kalau dibangun, masyarakat respon. Jangan sampai dibangun mereka ogah jadi pelanggan PDAM,” ungkapnya Kamis (20/6/2019).

Kata dia, pihaknya belum memutuskan untuk menjalin kerjasama. “Sekali lagi saya tegaskan, ini masih pra visibility study ya. Masih butuh 2 bulan lagi, untuk mereka mengajukan hasil studynya,” ujarnya.

Lebih lanjut, proses lelang dengan investor akan diadakan secara terbuka dan transparan. Baik itu kepada investor maupun kepada masyarakat.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Kendari, Damin, mengatakan, kerjasama yang hendak dibangun bersama PT Adi Karya guna mendukung kinerja PDAM Kota Kendari.

“Sampai saat ini pelayanan PDAM Kota Kendari masih belum maksimal tidak sesuai dengan visi misi PDAM Kota Kendari yang sudah direncanakan dan belum tercapai, sehingga kita ajak PT Adhi karya untuk turut mendukung,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Manager Biro Investasi Utility PT. Adhi Karya Tbk, Tanti Indri Astuti, mengatakan, dari survei awal yang dilakukan PDAM, Ia menilai PDAM kurang memadai untuk melakukan perawatan dan operasi pada lini unit produksi.

“Jadi, ke depan bila mana terjadi kerja sama, PT. Adhi Karya yang posisinya selaku calon rekan kerjasama PDAM memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah air bagaimana untuk mengkonsumsi, mengoperasikan unit produksi di PDAM tersebut sehingga bisa melayani kebutuhan air di wilayah Kota Kendari” katanya.

Ia menambahkan, PT. Adhi Karya Tbk saat ini masih melakukan tahap perencanaan. Selanjutnya masih ada dua tahapan yang harus dilalui yaitu tahap transaksi dan konstruksi.

Dalam persentase yang disampaikan pada Pemerintah Kota Kendari, PT Adhi Karya Tbk menargetkan tahun 2021 air PDAM bisa mengalir hingga 24 jam.

Reporter: Musdar
Editor: Rani

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button