Metro KendariPendidikan

Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa IAIN Kendari melalui Pameran Fotografi

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mahasiswa yang menamakan diri Komunitas Fotografi dan Sinematografi (Kreasi) IAIN Kendari, menampilkan lebih dari 60 karya foto dari berbagai genre fotografi. Mulai dari street photography, macro, human interest,  landscape, portrait dan foto journalism.

Karya-karya tersebut ditampilkan pada acara pameran fotografi yang yang digelar oleh mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, di gedung kuliah terpadu IAIN Kendari, Rabu (30/5/2018).

Dosen Pembina Komunitas Kreasi, Sri Hadijah Arnus menjelaskan, pameran tersebut merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar. Hal ini sebagai implementasi teori selama mereka mengikuti proses perkuliahan di Program Studi KPI.

“Mereka adalah mahasiswa semester IV dan V yang melakukan praktik fotografi sebagai implementasi teori yang diperoleh selama mengikuti kuliah.Target kami melalui kegiatan ini bisa semakin mengasah skill dan kreatifitas mereka,” jelas alumni Komunikasi Universitas Hasanuddin ini.

Menurut Sri Hadijah Arnus, para mahasiswa yang dibinanya memiliki passion dan kreatifitas yang tinggi di bidang seni fotografi dan sinematografi. Terbukti dari beberapa hasil jepretan mereka, sudah bisa disandingkan dengan hasil karya professional fotografi.

“Mereka sudah cukup memahami teknik fotografi dengan baik. Mungkin karena sering praktik dan memiliki passion yang tinggi pada bidang ini sehingga lebih cepat memahami teori yang diajarkan,” ungkapnya.

Dengan pameran tersebut, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk melahirkan karya yang lebih baik. Karena memperoleh respon positif dari civitas akademika yang berkunjung pada kegiatan tersebut. Selain pameran, mahasiswa juga memamerkan fasilitas foto studio sekaligus memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melakukan sesi pemotretan.

Salah satu dosen IAIN Kendari yang berkunjung pada pameran itu, Abdul Halim, mengapresiasi hasil karya mahasiswa KPI. Karena ketertarikannya, ia bahkan telah memutuskan membeli salah satu karya foto untuk ditempatkan sebagai pajangan di rumahnya.

Dalam kegiatan ini IAIN Kendari memberikan perhatian yang cukup serius dalam peningkatan kreatifitas mahasiswa KPI. Antara lain dengan menyediakan fasilitas camera digital single Lllens feflex atau DSLR, camera electonik field production untuk keperluan sinematografi, peralatan foto studio, dan studio siaran radio yang dilengkapi beberapa peralatan canggih lainnya.

Prodi ini memiliki kekhususan tersendiri karena membekali mahasiswa dengan skill untuk berkarir di media maupun enterpreneur pada bidang fotografi dan sinematgrafi.

Meski demikian, menurut Sri, tidak semua mahasiswa KPI memiliki passion di bidang fotografi dan sinematografi. Beberapa diantaranya lebih memilih bidang jurnalistik dan broadcasting.

“Semua kami arahkan sesuai dengan passionnya, yang mau jadi jurnalis kita arahkan supaya lebih siap menghadapi dunia kerja. Begitu pula dengan mereka yang tertarik di dunia broadcasting. Mudah-mudahan prodi KPI bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki passion di bidang ini,” tutupnya.

Reporter: Putra
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button