kesbangpol sultra sulawesi tenggara   kesbangpol sultra sulawesi tenggara
Metro Kendari

Tingkatkan Bela Diri Petugas Tahanan, Graha Lapas Kendari Dibuka

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka Graha Lapas Kelas IIA Kendari bekerjasama dengan Federasi Kempo Indonesia (FKI) Sultra, Kamis (9/2/2023).

Kepala Devisi Permasyarakatan (KadivPas) Kanwil Kemenkumham Sultra, Muslim mengatakan, kegiatan latihan (Dojo) bela diri Kempo ini nantinya akan menunjang tugas-tugas pegawai di Lapas Kelas IIA Kendari. Khususnya bagi pegawai Lapas Kelas IIA Kendari yang bertugas menjaga warga binaan permasyarakatan (WBP). Mereka butuh kesiapan mental maupun fisik. Menurut Muslim, mereka yang bertugas dan berinteraksi langsung dengan WBP tidak selamanya berjalan harmonis.

“Ini yang kemudian kita wanti-wanti, kita tidak tahu kapan bisa terjadi gesekan, makanya petugas kita butuh kesiapan. Namun bukan berarti dengan ini, kita akan lakukan kekerasan, tidak. Pendekatan humanis tetap kita kedepankan,” tuturnya.

Untuk latihan bela diri ini, tambah Muslim, baru pertama kali dibuka di satuan kerja (Satker) Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham di Sultra.
Tidak menutup kemungkinan, dojo lainnya juga dibuka di Rutan se-Sultra.

“Tugas dan kewajiban pegawai Lapas kan sama dengan Rutan. Jika ini menjadi kebutuhan yang sangat menunjang kinerja kenapa tidak. Kita harapkan semua Lapas Rutan yang ada di Sultra mengikuti jejak Lapas Kendari,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Kendari, Antonio Barus menyatakan, bahwa kinerja jajarannya memangĀ  membutuhkan keahlian bela diri.

Apalagi hampir mayoritas petugas tahanan masih minim pengetahuan bela diri. Melalui terobosan ini, ia berharap petugas bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Petugas kami sangat butuh latihan bela diri untuk menjaga sesuatu yang kita tidak inginkan. Belum lagi, petugas tahanan di Lapas itu masih kurang,” cetusnya.

Di tempat yang sama, Ketua FKI Sultra, Nasruddin menyebut, pihaknya siap bekerja sama dengan lembaga menapun, termaksuk Lapas Kelas IIA Kendari.

Ia berharap, dalam perjalanannya nanti, pihaknya tidak hanya sekedar memberi pengetahuan bela diri, namun dari Lapas Kelas IIA Kendari ini, mampu mencetak atlet berpestasi untuk mengharumkan nama Sultra di kancah nasional maupun internasional.

“Keinginan saya, ada atlet dari Lapas Kendari nanti ikut Kejuaraan Nasional (Kejurnas),” pungkasnya. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button