Metro Kendari

Stok Ikan Aman, Tersedia Hingga Ramadhan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mengungkapkan masyarakat tak perlu khawatir, ketersediaan ikan bakal cukup hingga ramadhan nanti.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Imran Ismail mengatakan, ketersedian tersebut bukan tanpa alasan, pihaknya terus melakukan trobosan untuk bisa mencegah adanya kelangkaan ikan.

“Kalau soal ikan, masyarakat tak perlu khawatir karena kita memliki dua pelabuhan besar untuk sektor penyediaan ikan yakni pelabuan samudra dan pelabuhan tempat pelelangan sodoha,” ujar Imran Ismail di Kendari, Kamis (17/3/2022).

Dia mengatakan, ketersediaan ikan dari dua pelabuhan besar tersebut tercatat dari Januari hingga Februari sebanyak 60 ton.

“Kami perkirakan jelan ramadhan nanti, jadi fluktuasi untuk penangkapan ikan dalam jumlah tertinggi ada diawal tahun, jadi untuk januar hingga april merupakan waktu yang tepat untuk mengumpulkan ketersediaan ikan,” pungkasnya.

Dengan adanya ketersedian ikan karena jumlah penangkapan tersebut tertinggi di awal tahun sehingga pihaknya optimis jelang ramadhan nanti ketersediaan ikan bakal aman atau memadai.

Dia menambahkan ketersediaa ikan tersebut tidak terlepas dari peran nelayang dalam mencari ikan, sebab tanpa adanya nelayan, ketersediaan ikan tidak mungkin ada.

“Kami bekerjasama dengan nelayan untuk ketersediaan ikan, lalu setelah dilakukan penangkapan ikan, maka ikan tersebut di kumpulkan terlebih dahulu ke Tempat penampungan ikan (TPI),” ucapnya.

Lanjut dia mengatkan, setelah ikan dikumpulkan maka siap didistribusikan ke pasar-pasar yang ada di Kota Kendari, serta apabila ikan tersebut memiliki nilai tinggi maka bakal di ekspor.

Reporter: Zubair
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button