Metro Kendari

Sparko Indonesia Terget Buka Cabang se-Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Spartan Komando (Sparko) Indonesia menargetkan bakal membuka cabang di seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu diungkapkan Ketua Sparko Indonesia, Sersan Kepala (Serka) Herfain saat menghadiri  perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Sparko Kendari, yang diselenggarakan di Pantai Toronipa, Minggu (28/2/2021).

Serka Herfain bilang, untuk di Sultra, cabang Sparko baru terbentuk yakni Kota Bau-Bau, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Konawe, Kolaka, termaksud Kota Kendari.

Sisahnya, masih ada Buton Utara (Butur), Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel), Buton, Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka Timur (Koltim), Kolaka Utara (Kolut), Bombana, Muna, Muna Barat (Mubar), Wakatobi dan Konawe Utara (Konut)

“Ini yang kami sedang usahakan, agar di tahun ini, seluruh kabupaten bisa kita buka cabang Sparko,” ungkap dia.

Untuk membentuk dan mendirikan Sparko di masing-masing kabupaten yang belum ada, Serka Herfain menegaskan tidak ada pungutan biaya sama sekali, dan itu gratis.

“Tujuan keberadaan Sparko di bumi anoa ini, semata-mata untuk menyehatkan masyarakat melalui olahraga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Sparko Kendari, Wira Hadi Kusuma, mengatakan, kegiatan yang baru dilaksanakan ini merupakan bagian dalam rangka perayaan HUT ke-2 Sparko Kendari, yang jatuh pada tanggal 24 Februari 2021 kemarin.

Beragam kegiatan digelar, mulai dari Zumba, Kalisteknik, taring tambang, dan kegiatan hiburan lainnya.

“HUT yang ke-2 ini saya harapkan Sparko Kendari lebih solid dan terus menjaga silahturahmi yang sudah bangun selama ini,” tandasnya.

Untuk diketahui, Sparko adalah sebuah komunitas olahraga bergaya militer yang ada di Indonesia. Komunitas ini awalnya dibentuk oleh Mayor. Eka Wira Darmawan pertengahan tahun 2015 di Bandung.

Awalnya, olahraga ini diperuntukkan khusus kepada prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Namun dalam perjalanannya, karena  banyak peminat olahraga tersebut, Eka Wira pun pada akhirnya membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti olahraga ini mulai dari remaja hingga orang dewasa di tahun 2017.

Komunitas ini sudah tersebar 58 cabang di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya di Sultra.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button