Metro Kendari

Senam Sparko Resmi Menjadi Pedoman Latihan Kebugaran di Jajaran TNI-AD

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Guna mendukung tugas pokok satuan, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) telah mengesahkan Senam Spartan Komando (Sparko) sebagai pedoman latihan kebugaran.

Senam sparko ini resmi disahkan melalui Peraturan Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat, Nomor Perkadisjasad /06/ IV/2022/ Tanggal 04 April 2022.

“Sesuai surat telegram Bapak Kasad pada tanggal 18 Maret 2022, bahwa senam sparko ini dapat terpusat, sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan senam sparko di jajaran TNI-AD,” ujar Ketua Sparko Indonesia, Herfain, Selasa (5/4/2022) malam.

Hal tersebut juga tidak terlepas dari perhatian Pimpinan dan Staf Disjasad dalam memperhatikan para prajurit untuk selalu menjaga kebugaran.

Herfain juga menjelaskan bahwa senam sparko merupakan latihan fisik yang disusun secara sistematik dan berkesinambungan, dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih.

Sementara manfaat dari senam sparko ini, selain menambah kemampuan dan kekuatan, tubuh juga terasa lebih sehat dan bugar.

“Yang mengombinasikan latihan kardio dan kalisthenik,” jelas dia.

Sementara itu, The King Of Sparko, Letnan Kolonel Inf Eka Wira Dharmawan mengatakan dirinya telah memaparkan terkait program sparko yang akan digunakan pada jajaran TNI-AD.

“Kita wajib bersyukur, bahwasanya komunitas kita, dipercayakan untuk diterapkan di TNI-AD,” ucap Wira.

Sebagai informasi, senam sparko ini berawal dari Letnan Kolonel Inf Eka Wira Dharmawan, yang merupakan pendiri olahraga Spartan Komando.

The King Of Sparko itu membuat sebuah program Multiple Endurance Training (MET), yang diciptakan oleh beberapa prajurit pasukan khusus Indonesia (Kopassus).

Latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus. (bds*)

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button