iklan


iklan
Metro Kendari

Sambangi UHO, Sekjen DPP PDIP Sebut Mahasiswa Punya Peran Penting Bangun Bangsa

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyambangi Univeristas Halu Oleo (UHO) Kendari, Selasa (6/9/2022). Kedatangan Hasto Krsisyanto di kampus baru ini, dalam rangka mengisi kuliah umum wawasan kebangsaan terhadap mahasiswa.

Hadir dalam kuliah umum tersebut, Rektor UHO Kendari, Muhamad Zamrun Firihu, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, Bupati Muna, LM Rusman Emba, Anggota DPR RI, Hugua serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Hasto mengatakan, kampus merupakan tempat dimana ilmu dan pengetahuan harus terus dikembangkan. Guna membangun bangsa dan negara yang kuat dan dapat bersaing dengan negara lain.

Dengan demikian, menurutnya, mahasiswa punya andil besar sebagai agen of change atau agen perubahan demi ikut berperan serta membangun bangsa dan negara.

“Kita menempatkan kampus sebagai pusat kemajuan. Kampus sebagai pusat ilmu pengetahuan, teknologi, riset dan inovasi. Itu membangun kepemimpinan Indonesia bagi dunia. Karena itulah Indonesia lahir,” katanya.

Ia juga mengatakan, nilai-nilai kebangsaan harus terus dikobarkan di tengah-tengah masyarakat. Terlebih lagi oleh mahasiswa. Karena menurut Hasto, nilai-nilai kebangsaan merupakan hal mutlak untuk membangun kepemimpinan di Indonesia.

“Itu yang kami kobarkan di tengah-tengah mahasiswa, agar para mahasiswa punya suatu daya imajinasi untuk membangun kepemimpinan Indonesia. Tapi syaratnya kita harus berdiri di atas kaki sendiri,” ungkapnya.

Pria kelahiran 1966 itu juga menyinggung mengenai pentingnya komponen cadangan (Komcad) dari kalangan mahasiswa.

Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga menuturkan, ancaman perang mungkin saja terjadi, yang membuat Indonesia harus menumbuhkan rasa bela negara.

“Terjadi perang Rusia-Ukraina, ketegangan di Timur Tengah, ketegangan di Natuna Utara. Sehingga ancaman perang itu tetap terjadi, karena itu kita harus membangun semangat bela negara,” tukasnya. (bds)

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button