Metro Kendari

Sahabuddin Dorong Pemkot Kendari Maksimalkan Pasar dan Parkir Penunjang PAD

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Sahabuddin mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari agar lebih getol untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Khususnya, kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari ini, dengan memaksimalkan pengelolaan secara efektif terhadap pasar dan lahan parkir.

“Kami hanya memberikan saran, agar pasar dan parkir dikelola dengan baik, maka kami yakin PAD akan meningkat,” ungkap dia, Kamis (6/10/2021).

Kemudian yang mengelola pasar dan parkir itu diharapkan Pemkot Kendari memberdayakan masyarakat setempat. Karena mereka yang tahu persis teritorialnya.

“Jadi ada klaster klaster, sehingga wilayah ini yang bertanggung jawab sebagai penagih retribusi di wilayah tersebut dan lain sebagainya,” katanya.

Dengan demikian, jika semua berjalan sesuai tupoksi masing-masing, maka dirinya yakin Pemkot Kendari akan mendapatkan PAD sesuai dengan yang diharapkan.

Pengelolaan pasar tambahnya diharapkan tidak ada lagi yang main-main. Misalnya, pembangunan pasar yang seenaknya.

Maksudnya, dalam pembangunan tersebut Pemkot Kendari tidak mendapatkan PAD, padahal daerah sudah menggelontorkan anggaran yang banyak untuk pembangunan pasar tersebut.

Selain itu, Sahabuddin menjelaskan, ada beberapa Perda yang dihasilkan DPRD untuk meningkatkan PAD Kota Kendari, yakni Perda Jasa Usaha, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Perad Jasa Umum.

“Dengan adanya Perda tersebut diharapkan tidak lagi terjadi kebocoran PAD sehingga dapat meningkatkan PAD Kota,” tandasnya. (Lipsus)

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button