Metro Kendari

Relawan Dompet Dhuafa Gandeng PMI Jamin Ketersediaan Darah Bulan Ramadan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Relawan Dompet Dhuafa Sultra bekerja sama Komunitas Istiqomah Indonesia dan PMI menggelar aksi donor darah dengan target 1000 kantong darah.

Kegiatan bertema “Milenial kolaborasi peduli 1000 Kantong darah dalam menjaga stok darah di Bulan Ramadan” dilaksanakan
di Gedung Dompet Dhuafa, Kamis (8/4/2021).

Ketua Relawan Dompet Dhuafa Sultra, Muhammad Arif Syam, menjelaskan, kegiatan donor darah yang disebut dengan kolaborasi milenial untuk menyuppor kebutuhan darah di Sultra pada Bulan Ramadan.

Pasalnya, pada bulan puasa apalagi ditengah pandemi Covid-19, diprediksi stok darah PMI berkurang drastis.

Kondisi ini bisa menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan kebutuhan darah untuk pasien.

“Dengan keprihatinan kita terhadap minimnya stok darah yang dibutuhkan di Sultra, sehingga kami berinisiasi berkalaborasi melakukan aksi kemanusiaan donor darah menyambut bulan suci ramadhan,” ujarnya saat diwawancarai setelah kegiatan donor darah.

Tahap awal, pihaknya berkolaborasi dengan mengundang 80 lembaga yang ada di Sultra, namun yang terkonfirmasi hadir langsung hanya 50 lembaga.

“Mudah-mudahan hari ini target kita walaupun dengan 300 kantong, ini bisa kita suport dan berikan ke PMI untuk pelayanan darah di Sultra,” ucapnya.

Selain donor darah, tujuan lain agar dapat berkolaborasi pada seluruh lembaga yang ikut berpartisipasi dalam membangun silaturahmi dengan membangun kekuatan bersama beberapa Milineal Provinsi Sultra.

Ia menambahkan, program kolaborasi ini diharapkan dapat terus dilakukan menjadi agenda rutin.

Melalui aksi donor darah ini, pihaknya berharap dimasa pandemi banyak keluarga pasien yang membutuhkan pelayanan darah, sehingga dengan adanya kolaborasi bersama kaum Milineal bisa membantu masyarakat Sultra dalam mendapatkan pelayanan darah.

Selain itu, setelah pelaksanaan donor darah, peserta pendonor diberikan door prize dengan hadiah Alquran, baju kaos, gelas, pernak pernik serta ada uang tunai.

Namun untuk mengurangi Kerumunan, peserta diberikan link informasi melalui medsos dompet dhuafa bagi yang beruntung.

Dari pantauan Media Detiksultra, aksi donor darah telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pas masuk diwajibkan untuk menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh dan menjaga jarak.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button