Metro Kendari

Program Literasi Media, Jurusan Jurnalistik UHO Teken MoU dengan Kelurahan Lapulu

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Mahasiswa jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo Kendari (UHO) Kendari telah meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kelurahan Lapulu sebagai Kelurahan Binaan dalam program literasi media, Rabu (14/2021).

Dalam giat ini dengan tema ‘Kampung Literasi Media’ diikuti mahasiswa jurusan Jurnalistik angkatan 2018. Namun karena masih pandemi sehingga mahasiswa dibatasi.

Dekan FISIP UHO, La Tarifu, mengatakan, UHO sebagai lembaga akademik memilik tiga fungsi tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini mahasiswa FISIP jurusan jurnalistik telah melakukan tridharma perguruan tinggi salah satunya dengan mengabdi kepada masyarakat yang terletak di Kelurahan Lapulu Kota Kendari,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, alasan memilih Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli karena kelurahan ini sesuai dengan visi misi UHO untuk memajukan daerah pesisir dan pedesaan di Sultra.

Dengan adanya MoU yang sudah disepakati, program kerja akan segera disusun berdasarkan tema kegiatan.

“Melalui kegiatan ini mudah-mudahan ada dampak positif yang bisa dirasakan masyarakat setempat,” ucapnya.

Ketua Jurusan Jurnalistik, Marsia Sumule, menjelaskan, dalam MoU ada beberapa program yang akan dilakukan mahasiswa kepada masyarakat Kelurahan Lapulu dengan memberi pemahaman dan pengetahuan dalam menggunakan media dan digital, terutama media sosial.

Kemudian, memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat agar memiliki pengetahuan dalam menggunakan kebijakan digital komunikasi dan informasi.

“Nah, di sini kita memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam bidang penggunaan media digital dan media sosial,” ucapnya.

Kegiatan ini telah digagas sejak 2019 dan sudah ada beberapa program kegiatan berupa pendataan, membuat profil desa dari sisi digitalisasi.

“Sehingga langkah selanjutnya dengan membentuk cara berpikir masyarakat melalui kegiatan pelatihan, seminar dan seterusnya,” tutupnya. (bds*)

 

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button