Metro Kendari

Program Kotaku, Dua Kelurahan di Kendari Dapat Kucuran Dana Rp2 Miliar

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam panataan kawasan kumuh, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali mendapatkan kucuran dana melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Kali ini Kota Kendari mendapatkan bantuan pemerintah untuk masyarakat (BPM) reguler dan padat karya tunai – cash for work (CFW) tingkat Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, ada dua kelurahan yang mendapatkan program ini yakni Kelurahan Lalolara dan Bonggoeya. Kedua kelurahan ini masing-masing mendapatkan Rp1 miliar.

“Alhamdulillah kita terus mendapatkan kepercayaan melalui program Kementerian PUPR dalam hal Kotaku yang mana kota Kendari mendapatkan kesempatan di dua kelurahan,” ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Selain itu, Kota Kendari juga mendapatkan bantuan padat karya tunai – cash for work (CFW) tingkat Kota Kendari untuk 16 kelurahan.

“Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, makanya hari ini dilakukan koordinasi supaya betul-betul dipahami teknisi pelaksanaan, prosedur dan pertanggungjawaban nantinya,” ucapnya.

Sementara, Koordinator Kotaku Kota Kendari, La Ngkarisu menjelaskan, tahun 2021 Kota Kendari mendapatkan dana dari Kementerian PUPR melalui program Kotaku yang terdapat dua jenis bantuan yakni dana reguler untuk peningkatan kualitas pemukiman dan dana bantuan padat karya tunai dalam rangka penanggulangan Covid-19.

“Dana reguler dari dua kelurahan sebanyak Rp2 miliar sedangkan 16 kelurahan bantuan padat karya sebanyak Rp300 juta. Jadi total yang masuk di kelurahan Kota Kendari sebanyak Rp6 miliar lebih,” jelasnya.

Adapun 16 kelurahan tersebut yakni Lepo-lepo, Poasia, Alolama, Watulondo, Baruga, Watubangga, Mokoau, Anduonohu, Poasia, Rahandouna, Pondambea, Wundudopi, Benua Nirae, Tobimeita, Anawoi, dan Wua-wua.

Selanjutnya, dana yang akan disalurkan tidak serta merta langsung diberikan, namun pihaknya akan melakukan tahapan seperti sosialisasi pada tingkat masyarakat, bimbingan teknis, fasilitator yang memberikan pemahaman pada masyarakat.

Selain Kota Kendari, Program Kotaku juga didapatkan Kota Baubau dengan 17 kelurahan dan Kabupaten Kolaka sebanyak delapan kelurahan.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button