Metro KendariPendidikan

Program KKN Tematik UHO, Mangga Dua Bakal Jadi Kampung Wisata

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UHO dengan judul Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif, menargetkan Kelurahan Mangga Dua jadi kampung wisata. Tim KKN dengan dosen pembimbing Dr.H.Jamiludin, M.Hum, Dr. Hj. Darnawati, M.Pd, Pendais Haq, S.Ag,M.Pd dan Sitti Rahmaniar Abubakar, S.Pd,M.Pd memilih Kelurahan Mangga Dua karena menilai program mereka selaras dengan program Kelurahan Mangga Dua.
“Program kami, KKN Tematik UHO sukses bersinergi dengan program pemerintah Kelurahan Mangga Dua. Lurah Mangga Dua sangat mendukung program KKN Tematik ini,” kata salah satu dosen, Sitti Rahmaniar Abubakar kepada Detiksultra.
Dosen PAUD UHO yang sering menjadi pembicara tingkat nasional ini juga mengatakan, berdasarkan hasil monitoring yang mereka lakukan, kinerja mahasiswa KKN dalam mewujudkan program ini sudah mencapai 60 persen.
“Mahasiswa KKN terus melakukan pendampingan pada kelompok masyarakat. Program 3R (Recycle, Reuse dan Reduce) digalakkan untuk pengolahan limbah menjadi karya kreatif. Limbah garmen menjadi aneka keset kaki dan bros cantik, limbah gelas air mineral menjadi lampu lampion garuda yang mempercantik gerbang kelurahan dan rumah warga,” bebernya.
Selaku pembimbing, mereka berharap mahasiswa KKN dapat mewujudkan program kelurahan, khususnya pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus mendatang.
Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN, Hernina, mengatakan, antusias masyarakat Kelurahan Mangga Dua begitu besar dalam mewujudkan kampung wisata ini.
“Saat membuat kreatifitas barang bekas, masyarakat setiap RT sangat bersemangat karena bahan bakunya terdapat di sekitar mereka, dari tidak berguna menjadi barang bernilai ekonomi,” singkatnya.
Reporter: Yusuf Maronta
Editor: Rani

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button