Metro Kendari

Program Jemput Sampah Rumah ke Rumah, Sulkarnain: Tergantung Kesepakatan Warga

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal menerapkan penjemputan sampah dari rumah ke rumah kedepannya setelah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dihilangkan semua.

Menanggapi tentang konsep yang bakal ditawarkan Pemkot Kendari kepada masyarakat yakni tergantung kesepakan warga daerahnya baik di kelurahan maupun kecamatan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, skema penjemputan sampah rumah tangga tersebut sangat bergantung pada kondisi dan situasi di lingkungan masing-masing masyarakat.

“Jadi terantung kesepakatan warga disitu apakah bakal menggunakan tong sampah yang diletakkan di depan rumah lalu diangkut atau bagaimana mekanismenya tergantung kesepakatan warganya,” ujar Sulkarnain di Tambat Labuh, Rabu (20/4/2022).

Dengan adanya penerapan tersebut, dia menginginkan agar fungsi TPS nantinya digantikan dengan mekanisme penjemputan sampah dari rumah ke rumah sehingga tidak terjadi lagi penumpukkan sampah di area-area jalan utama.

Menurutnya, dengan adanya TPS tersebut maka membuat wajah kota menjadi tidak ramah dan tidak baik disaksikan akibat bau sampah.

Sehingga penjemputan sampah ke rumah warga merupakan solusi yang ditawarkan Pemkot Kendari guna meminimalisir bertumpuknya sampah serta dengan program tersebut maka wajah kota dapat terlihat lebih baik.

 

Reporter: Zubair
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button