Metro Kendari

Polda Sultra Berangkatkan Dua Prajurit untuk Misi Perdamaian PBB di Republik Afrika Tengah

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dua personel Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih menjadi calon untuk mengemban tugas misi perdamaian PBB selama setahun lebih lamanya.

Kedua personel Brimob Polda Sultra itu bernama Ipda Akbar Reno Adhi Pradana dan Brigadir Muh. Zulkarnaim AM. Keduanya akan menjadi Peacekeeper Polri di bawah naungan Divisi Hubungan Internasional Polri.

Keduanya akan mengikuti kontingen FPU 3 Minusca dan dikirim ke Republik Afrika Tengah, tepatnya di Bangui. Saat ini, kedua personel sedang melaksanakan latihan prapenugasan di Pendidikan Lalulintas (Pusdiklantas) Lemdiklat Polri.

Ipda Akbar Reno Adhi Pradana, mengatakan, dirinya bersama Brigadir Muh. Zulkarnaim bertekad untuk memberikan yang terbaik demi menjaga nama satuan serta nama baik Indonesia di kancah internasional.

“Sebagai perwakilan polri dalam misi perdamaian serta menjaga nama baik NKRI di mata internasional,” ungkapnya saat dikonfirmasi awak media, Minggu (11/7/2021).

Meskipun, kata dia, dari latar belakang yang berbeda, seperti Ipda Akbar Reno Adhi Pradana, merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2019 yang saat ini menjabat sebagai Ps. Kanit 1 Subden 1 Wanteror Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sultra.

Sedangkan Brigadir Muh. Zulkarnaim merupakan lulusan Diktuk Brigadir Brimob Polri Angkatan 22 tahun 2012/2013 Pusdik Brimob Watukosek.

“Kami berharap agar Allah SWT senantiasa memberikan kelancaran dalam pelaksanaan latihan prapenugasan hingga Insyaallah berangkat ke Republik Afrika Tengah,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan, beberapa kemampuan dan pengetahuan akan diberikan, berupa pelatihan kemampuan, tacticals basic police techniques, kemampuan SWAT, core pre-deployment training, mengemudi dan specialize training material dari PBB serta command staff. Sementara kemampuan berbahasa yakni bahasa Perancis dan Inggris. (bds*)

Reporter : Erik Lerihardika
Editor : J. Saki

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button