iklan
Metro Kendari

Pj Wali Kota Kendari Bakal Prioritas Kebersihan Wilayah di APBD 2023

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengaku bakal memprioritaskan kebersihan wilayah pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri rapat paripurna di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Senin (31/10/2022).

Ia menjelaskan, 2023 merupakan tahun pertama pelaksanaan rencana pembangunan daerah (RPD) 2023-2026. RPD disusun untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai kota yang bersih, gesit, ramah, asri, dan kondusif dengan tagline Kendari Bergerak.

Ia mengatakan, penataan wajah kota menjadi prioritas pembangunan Kota Kendari, dimulai dari kebersihan.

Ia menjelaskan, APBD 2023 nantinya selain kebersihan akan didedikasikan untuk pembangunan serta kesejahteraan masyarakat, dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan yang benar-benar dibutuhkan, bukan yang diinginkan karena tujuannya agar Kota Kendari menjadi kota yang maju.

Ia mengatakan, setelah memprioritaskan hal tersebut, nantinya akan ada penambahan tugas di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) karena pemerintah kota (pemkot) benar-benar ingin mewujudkan Kota Kendari sebagai kota yang nyaman dari sisi hunian, serta bersih utamanya.

“Jadi kita sudah konkretkan dalam bentuk program dan kegiatan. Kota Kendari tetap pada rencana pembangunan daerah, karena 2023 itu merupakan tahun pertama dalam dokumen perencanaan pembangunan, masa transisi kepemimpinan kepala daerah,” ujar Asmawa Tosepu.

Sebelumnya, Asmawa Tosepu menjelaskan, APBD Kota Kendari 2023 terdiri dari Pendapatan Daerah sebesar Rp1,48 triliun, belanja daerah sebesar Rp1,49 triliun, dan pembiayaan daerah Rp74,2 miliar, dan pengeluaran pembiayaan daerah sebesar Rp63 miliar. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button