Metro Kendari

Pertamina Ajak Masyarakat Sultra Beralih ke BBM Berkualitas dan Ramah Lingkungan

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) beralih menggunakan prodak bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan oleh Sales Branch Manager (SBM) VII Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Sulseltra), Mahdi Syafar dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Energi Berkualitas untuk Udara Bersih dan Sehat” bersama insan pers di Kendari, Rabu (10/2/2021).

Mahdi Syafar menyebutkan untuk produk BBM ramah lingkungan seperti jenis gasoline Pertamax dan Pertamax Turbo, serta produk jenis gasoil Dexlite dan Pertamina Dex.

“Kami terus bergerak untuk mengedukasi masyarakat, supaya beralih memakai BBM berkulitas,” ujar dia.

Ajakan penggunaan BBM berkulitas dan ramah lingkungan ini, lanjut Mahdi Syafar menuturkan tidak lepas dari komitmen PT Pertamina (Persero) dalam menciptakan udara yang bersih dan sehat.

“Jadi bukan hanya performa mesin yang lebih baik, tetapi juga berpengaruh terhadap lingkungan, dengan kadar buang gas emisi yang lebih rendah,” terangnya.

Sementara itu, Pengamat Kesehatan Univeristas Halu Oleo (UHO) Kendari, Ramadhan Tosepu menerangkan sebaliknya penggunaan BBM dengan oktan rendah seperti Premium, sangat berbahaya untuk kesehatan.

Kata dia, pencemaran lingkungan atas penggunaan BBM dengan oktan rendah tersebut tidak serta merta langsung menyebabkan terganggunya kesehatan manusia. Prosesnya itu sangat panjang

“BBM dengan oktan rendah (Premium) ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, salah satu dampaknya dapat menganggu saluran pernapasan manusia,” katanya.

Makanya, ia meminta kepada semua pihak supaya mendukung regulasi terkait penerapan penggunaan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. Dia juga menekankan terhadap PT Pertamina untuk secara terus menerus mensosialisasikan lebih luas lagi.

“Intinya masyarakat harus lebih cerdas menggunakan BBM,” tukasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button