Metro Kendari

Perkuat Persaudaraan Persani di Tengah Pandemi, LP3KN Bakal Gelar Lomba secara Virtual

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dalam penyelenggaraan Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) merancang sebuah kegiatan dengan berbagai lomba yang akan diikutsertakan pada seluruh provinsi di Indonesia.

Hal ini disampaikan melalui zoom meeting yang diikuti panitia pelaksana, pengurus kegiatan KVKI serta P3KN masing-masing provinsi.

Mengingat situasi sekarang masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga tema yang dibawakan ‘Persaudaraan Persani di Tengah Pandemi’ yang akan dilaksanakan secara virtual.

Panitia KVKI 2021 Susetyo Edi menjelaskan, untuk menampung animo ber-Pesparani yang
sudah dirasakan di berbagai LP3KD, LP3KN merancang sebuah kegiatan bertajuk KVKI yang di dalamnya terdapat rangkaian lomba.

“Waktu pelaksanaan KVKI tanggal 2 s.d 28 Oktober 2021, yang disiarkan Puspa melalui kanal Youtube akan tetapi semua persiapannya tentu saja sudah harus dimulai sejak sekarang, KVKI telah dimaklumkan pada tanggal 15 Mei 2021 lalu dan akan terus bergerak secara dinamis
ke depan menuju puncak acaranya,” jelasnya dalam rilis, Rabu (22/9/2021).

Adapun jenis lomba yang akan diikuti yakni lomba Mazmur Tanggapan, Tutur Kitab Suci, dan Cerdas Cermat Rohani.

Kategori Lomba Mazmur yakni Mazmur Anak usia sampai 14 tahun, remaja usia 13 s.d 19 tahun, OMK
usia 18 s.d 32 tahun bagi yang belum menikah dan dewasa usia 31 tahun ke atas.

Sedangkan lomba tutur kitab suci dan cerdas cermat rohani pada kategori anak dan remaja.

Sementara poin dalam penilaian berupa intonasi, kualitas suara, ketaatan pada partitur dan artistik keseluruhan.

Selain itu, panitia, Muliawan Margadana, mengatakan, kegiatannya akan dibuka oleh presiden RI serta undangan beberapa tokoh nasional.

Kegiatan ini juga akan dihadiri dan didukung oleh Wakil Presiden dan beberapa menteri, seperti Menko Maritim dan Investasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Keratif, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, Meteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kesehatan, dan tentu Menteri Agama.

KVKI ditutup pada 28 Oktober 2021 oleh Wapres RI, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda.

Hal ini untuk menunjukkan bahwa KVKI bukan hanya kegitan keagamaan saja tetapi juga kegiatan untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan kecintaan kepada tanah air, Indonesia.

“Mohon bantuan untuk semua pihak agar bisa disampaikan bahwa kegiatan ini patut diikuti sehingga cukup memiliki bobot yang baik dalam memperkuat persatuan Persani ditengah Pandemi,” ucapnya.

Dari kegiatan itu, panitia berharap KVKI bisa menjadi suatu momen inovasi berkarya bagi LP3KD sekaligus menggelorakan kembali rasa cinta tanah air dan menjadi sumbangsih penghiburan bagi masyarakat Indonesia di mana pun berada. (bds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button