Metro Kendari

Peringatan Hari Ibu ke-94, DP3APPKB Sultra Dorong Perempuan Berwirausaha

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Memperingati Hari Ibu ke-94, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) bersama Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong kewirausahaan, khususnya wirausaha perempuan.

Kepala DP3APPKB Sultra Andi Tenri Rawe Silondae mengatakan, Hari Ibu ke-94 tahun 2022 mengangkat tema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’ ini tidak lain untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi lebih baik dan terkenal di nasional maupun mancanegara.

“Kewirausahaan perempuan juga merupakan langkah kita mempercepat kesetaraan dan pemulihan ekonomi Indonesia setelah dilanda pandemi Covid-19,” ungkap dia di peringatan Hari Ibu ke-94 di salah satu hotel di Kendari, Senin (5/12/2022).

Sebagai wujud nyata, jelas dia, pihaknya menggelar bazar UMKM perempuan. Produk yang dipamerkan ialah tenun khas Sultra, produk skin care, keripik, bakso, olahan sagu, sambal, kue basah dan lain-lain. Ini mendapat dukungan dari IWAPI.

Selanjutnya, sambung dia, pihaknya pun mengangkat subtema perempuan dan digital ekonomi. Di era digital saat ini, perempuan khususnya para pengusaha harus mengikuti teknologi digital.

“Pengembangan UMKM di bidang digital masih perlu ditingkatkan, semoga dengan acara ini dapat membantu meningkatkan usaha perempuan dalam memasarkan produk-produk UMKM di era digital seperti sekarang,” harap Tenri.

Mewakili Gubernur Sultra, Pj Sekda Sultra Asrun Lio menuturkan, peran perempuan sangat besar dalam mendukung perkembangan bangsa. Peran perempuan berpengaruh besar terhadap seluruh aspek kehidupan baik sosial, ekonomi, pendidikan hingga kesehatan.

“Di acara ini saya mengajak kepada semua untuk mencegah terjadinya pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender. Hal tersebut juga butuh peran pria agar apa yang menjadi tujuan kita bisa terwujud,” kata Asrun.

Peringatan Hari Ibu ke-94 dirangkaikan pula fashion show pakaian khas Sultra oleh pengusaha perempuan dan penandatanganan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak oleh DP3APPKB Sultra, pemerintah provinsi dan Polda Sultra. (bds)

 

Reporter : Septi Syam
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button