Metro Kendari

Pemprov Sultra Gelontorkan Anggaran Rp180 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggarkan dana dari DAK dan DAU sebesar Rp180 miliar untuk peningkatan atau perbaikan jalan rusak pada tahun 2023 di Bumi Anoa. Kabid Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, Harmunadin mengatakan, perbaikan ruas jalan ini merupakan hal rutin tiap tahun yang dilakukan pemerintah.

Program prioritas tahun ini pada bidang jalan yakni jalan Mataiwoi-Abuki-Jembatan Konawe Hulu dengan pagu anggaran Rp18 miliar target perbaikan 4,9 kilometer bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kemudian ada ruas jalan batas Kabupaten Muna-Buton Utara-Ronta dengan pagu anggaran Rp21 miliar dengan target perbaikan secara bertahap dari 2020-2023 sepanjang 9 kilometer bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jalan di Buton Utara (Butur) ini sudah sejak lama rusak di masa kepemimpinan Gubernur Sultra Ali Mazi sejak 2018-2023 ini secara bertahap. Alhamdulillah ruas jalan yang rusak parah kami akan tuntaskan,” katanya, Rabu (5/7/2023).

Lebih lanjut, perbaikan jalan di batas Kabupaten Buton-Buton utara tepatnya di ruas Jalan Lawele dengan pagu anggaran Rp6,6 miliar sepanjang 1,2 kilometer.

Di Buton Utara juga dilakukan pembangunan box culvert atau produk beton pracetak persegi panjang dengan rongga besar di tengahnya yang biasa digunakan sebagai komponen drainase, anggarannya Rp2 miliar.

“Hal tersebut diperlukan karena di Butur itu banyak aliran sungai dan kali sehingga jembatan yang termakan usia perlu diganti dengan box culvert,” tuturnya.

Baca Juga : Tinjau Jalan Rusak di Jalan Anawai, DPRD Kendari Sebut Tahun Ini Dikerjakan

Perbaikan ruas jalan Ambaipua-Motaha (Konawe Selatan) degan pagu anggaran Rp9,8 miliar sepanjang 3,5 kilometer bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Perbaikan ruas jalan di batas Kendari-Punggaluku pagu anggaran Rp3 miliar dengan panjang sekitar 800 meter karena sisa jalan tersebut yang mengalami kerusakan. Selanjutnya ada di ruas jalan Kabupaten Muna-Muna Barat yang telah rampung dikerjakan pada tahun 2022 lalu sepanjang 45 kilometer.

“Kami juga lakukan perbaikan jalan di Kolaka Timur (Koltim) untuk ruas jalan Rate-Rate – Poli Polia, anggarannya itu kurang lebih Rp4 miliar dan lagi proses tender,” tuturnya.

Selanjutnya, perbaikan jalan batas Kabupaten Koltim-Kolaka dengan pagu anggaran Rp4 miliar sepanjang 5,5 kilometer bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Perbaikan jalan di Kabupaten Kolaka Utara di ruas Batu Putih-Porehu-Tolala dengan pagu anggaran sebesar Rp4 miliar dengan panjang jalan 2 kilometer. Ada juga tembok penahan tanah sekitar Rp500 juta.

Olehnya itu, Harmunadin mengatakan pihaknya terus berupaya menjalankan program prioritas perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Sultra. (bds)

 

Reporter: Muh Ridwan Kadir
Editor: Wulan

lowongan kerja detiksultra

Baca Juga

One Comment

  1. Mohon ruas jalan poros lapoa – pinanggo yang di kecamatan lalembuu dikerjakan juga pak, kasihan warga Atari jaya, labodi jaya dan sumber jaya sudah sejak lama menunggu perbaikan/peningkatan jalan aspal, sejak tahun 1981 Trans sampai sekarang masih pengerasan, Trimakasih 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button