Metro Kendari

Pemkot Kendari Gandeng Jars Foundation Edukasi Warga Kelola Sampah

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Menjadikan Kota Kendari bersih dari sampah, pemerintah daerah setempat melalui program Jars Foundation melakukan edukasi dalam hal sosialisasi pengelolaan sampah kepada masyarakat.

Kali ini sosialisasi program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dilakukan di Kecamatan Poasia, Kamis (8/4/2021).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas DLHK Kendari Nismawati mengungkapkan, pengelolaan sampah tidak bisa hanya dilakukan pihak pemerintah, namun juga perlu dukungan dari masyarakat.

Sampah, kata dia, merupakan persoalan yang perlu menjadi perhatian semua pihak.

Olehnya itu, pihaknya meminta pada masyarakat dukungan, perhatian, dan kesadaran untuk dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga Kota Kendari menjadi kota yang bersih dari sampah.

“Kalau hanya pemerintah saja yang perhatian sedang masyarakatnya tidak, tentu lingkungan yang bersih dan sehat tidak akan bisa tercapai. Olehnya itu saya meminta pada masyarakat kerja samanya mewujudkan Kota Kendari menjadi bersih dan no dari sampah,” tegasnya.

Sementara Tim Divisi Program Jars Foundation Titik Suminar menjelaskan, dalam kegiatan edukasi, ada tiga kegiatan yang akan dilaksanakan terkait program berbasis masyarakat ini, yakni sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan monitoring evaluasi.

Langkah awal kegiatan sosialisasi ini menargetkan semua kecamatan di Kota Kendari faham terlebih dahulu akan program yang berlangsung.

“Tidak berhenti sampai pada tahap sosialisasi saja, nantinya setelah itu kita akan melakukan edukasi secara langsung ke masyarakat serta akan dibantu camat dan lurah terkait bagaimana cara pengelolaan sampah organik dan anorganik ini,” katanya.

Camat Poasia, Aldi, mengungkapkan rasa terima kasih pada Pemkot Kendari atas ditunjuknya Kecamatan Poasia sebagai sampel dalam penanganan sampah di Kota Kendari.

“Sesuai arahan Wali Kota Kendari untuk mewujudkan kota layak huni di Kendari, saya sangat bersyukur dengan adanya program ini. Semoga dengan pendampingan yang telah dilakukan Jars Foundation bisa membangkitkan kesadaran serta semangat masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan serta mengelola sampah ini dengan baik dan bijak,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dengan penerapkan protokol kesehatan serta juga turut dihadiri danramil, Kapolsek Poasia, Serta RT, /RW se-Kecamatan Poasia.

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button