Metro Kendari

Pembinaan Penyuluh Agama, Kakanwil Sultra: Beri Pencerahan pada Umat

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka pembinaan Penyuluh dengan tema pengarusutamaan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan, Kamis (24/6/2021).

Peserta yang terlibat adalah pengurus agama baik fungsional, PNS, non-PNS dan KUA lingkup Kota Kendari.

Kakanwil Kemenag Sultra, Faisal, mengatakan, kegiatan pembinaan penyuluh merupakan bagian dari peningkatan kompetensi penyuluh agama dalam tugas dan fungsinya yang menyangkut ajaran Islam.

Katanya, moderasi agama sedang dikampanyekan kementerian agama pada segenap tokoh-tokoh masyarakat, termasuk penyuluh agama.

Dalam moderasi beragama tidak hanya dilakukan di Kota Kendari, namun juga diterapkan pada di 17 kabupaten/kota di Sultra.

“Mudah-mudahan juru penyuluh agama kita akan semakin baik serta menjadi juru penerang dan pendakwah yang baik untuk memberikan pencerahan pada masyarakat yang rukun aman dan damai,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menginginkan juru penyuluh dapat memahami nilai-nilai budaya lokal serta menjujung tinggi adat istiadat.

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kemenag Kota Kendari sekaligus Ketua panitia, Marwijid, menjelaskan, tujuan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan wawasan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan bagi para penyuluh.

Sementara, tugas utama penyuluh ada beberapa poin yang dilakukan, yakni penyuluh bertugas pembinaan baca tulis Alquran, menangani zakat dan wakaf, kerukunan umat beragama, bahaya narkoba dan ada juga penyuluh yang menangani keluarga sakinah.

“Jadi dalam pelaksanaan tugasnya mereka saling berkolaborasi antara penyuluh, sehingga semua poin tugasnya sampai kepada masyarakat,” ujarnya.

Dari pembinaan, diharapkan penyuluh menangani dinamis generasi beragama dan menyikapi bahaya hoaks dan fitnah.

Serta menyosialisasikan dan meningkatkan pemahaman zakat dan wakaf kepada masyakarat, yang dampaknya tidak lain untuk kesejahteraan umat sendiri. (bds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button