Metro Kendari

PDAM Kendari Pastikan Pekan Depan Penyaluran Air Bersih Kembali Normal

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kota Kendari memastikan pekan depan penyaluran air bersih ke rumah warga akan kembali normal.

Direktur PDAM Kota Kendari, Damin, menjelaskan, pihaknya saat ini tengah memperbaiki dua unit pompa tekan yang sebelumnya mengalami kerusakan.

“Sudah dalam proses peberbaikan, targetnya Senin (pekan depan) sudah selesai. Jadi, hari berikutnya sudah bisa difungsikan dan tentunya penyaluran air bersih akan kembali normal,” kata Damin saat dikonfirmasi Detiksultra.com, melalui sambungan telepon, Rabu (10/6/2021).

Menurut dia, selama ini yang menjadi kendala dalam proses penyaluran air bersih ke rumah-rumah warga karena dua unit mesin rusak.

Belum lagi tambah Damin, dua pompa lainnya harus secara rutin bergantian selama 1×24 jam. Jika dipaksakan maka kemungkinan besar mesin-mesin tersebut dapat ikut rusak.

“Itu kita akui jika kendalanya seperti demikian, tapi saat ini kita sudah upayakan, pekan depan penyaluran air bersih sudah normal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Direktur PDAM ini mengakui pihaknya memang membutuhkan investor untuk mendukung kinerja PDAM dalam melayani masyarakat.

Makanya, saat ini PDAM tengah menjalin kerja sama antar pihak ketiga yakni PT Adi Karya dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Namun dia menuturkan, pemerintah dan PT Adi Karya belum melakukan penandatangan kerja sama (PKS).

Alasannya, beber Tamil karena saat ini ada beberapa syarat yang belum terpenuhi. Pertama masalah analisis dampak lingkungan (amdal), kedua izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe perihal lokasi pengambilan air.

“Kalau ini terealisasi maka dipastikan air mengalir 2×24 jam,” ucapnya.

 

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button