Metro Kendari

PD Pasar Kendari Tingkatkan Imbauan Prokes Covid-19, Pedagang Merespon

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), semakin gencar pasca terjadi lonjakan kasus positif corona.

Imbauan prokes intens ‘dikumandangkan’ hampir di seluruh ruang aktifitas keramaian masyarakat, tidak terkecuali pasar.

Direktur perusahaan daerah (PD) Pasar Kota Kendari, Asnar, menyatakan kampanye Prokes Covid-19 rutin dilaksanakan di pasar-pasar yang menjadi kelola PD Pasar.

Sasarannya adalah para pedagang dan pembeli yang masuk pasar untuk tujuan transaksi bahan pokok.

Asnar menjelaskan, kampanye prokes yang dilaksanakan dengan mengimbau seluruh warga pasar tetap mengenakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer.

Reaksi penerapan prokes tersebut ungkap Asnar, menuai respon positif karena upaya riil menangkal penularan corona dalam pasar-pasar.

“Ini upaya kita terus kampanyekan Prokes Covid-19 dengan terapkan wajib masker, jaga jarak, sampai imbauan rutin cuci tangan dalam rangka mengantisipasi penularan corona,” ungkap Asnar (5/7/2021).

Dari pantauan di Pasar Lawata, wilayah Kelurahan Mandonga, para pedagang menunjukkan komitmen tetap menerapkan prokes covid saat beraktifitas. Mereka mengenakan masker saat bertransaksi jual beli kepada pembeli.

Hendrik, salah satu pedagang mengaku tetap menerapkan prokes covid di pasar karena lokasinya ramai, sehingga ia khawatir terjadi penularan corona.

Hendrik menerapkan prokes sebagai wujud ubah laku sejak era baru pandemi melanda tahun 2020 lalu.

“Jadi kami disini rutin mengenakan masker dan saling mengingatkan jaga jarak, karena takut kita dengan corona,” tukasnya.

Reporter: Dahlan
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button