Metro Kendari

PAN Koltim Bantah Azis Direkomendasikan DPP Maju Pilwabup, Rahmatia: Masih Proses

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Belakangan Abdul Azis, mantan polisi berpangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda), diisukan mendapat rekomendasi DPP PAN guna maju sebagai calon di Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Kolaka Timur (Koltim).

Ketua DPD PAN Koltim, Hj. Rahmatia Lukman mengatakan, isu yang beredar soal Abdul Azis di rekomendasikan oleh DPP, tidaklah benar.

“Isu itu sudah lama,” singkat dia saat dihubungi Detiksultra.com, Kamis (10/3/2022).

Faktanya, lanjut Hj Rahmatia Lukman bahwa saat ini pihaknya belum menerima surat keputusan (SK) rekomendasi DPP PAN.

“Masih berproses, belum ada rekomendasi dari DPP,” bebernya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua DPRD I Koltim ini menjelaskan pihaknya sendiri (DPD PAN) dan DPW PAN Sultra masing-masing sudah mengusul ke DPP PAN.

Meski nantinya hanya ada satu nama yang direkomendasikan oleh DPP PAN. Soal nama yang diusul, Hj. Rahmatia Lukman enggan untuk menyebutkan.

Yang pasti, tambah dia, figur atau calon Wakil Bupati Koltim yang diusul ke DPP PAN tidak lain adalah kader tulen dari partai berlambang Matahari itu sendiri.

“Sudah ada diusul dari DPD PAN Koltim dan DPW PAN Sultra. Insyah Allah tetap kader. Kita tunggu saja keputusan dari DPP,” tukasnya.

Untuk diketahui, PAN adalah salah satu dari empat partai (Demokrat, PDIP dan Gerindra) pengusung calon Bupati dan Wakil Bupati Koltim terpilih, Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur.

Namun, belakangan baru sebulan dilantik, Bupati Koltim, Samsul Bahri Madjid meninggal dunia, setelah bermain sepak bola.

Kekosongan jabatan tersebut kemudian diisi oleh Wakil Bupati Koltim yang sekaligus menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt), Andi Merya Nur.

Berselang beberapa bulan, Andi Merya Nur kemudian tersandung kasus suap dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Alhasil, terjadi kekosongan jabatan Bupati dan wakil Bupati Koltim. Sesuai aturan pejabat atau ASN diusul Gubernur ke Kemendagri guna mengisi jabatan bupati sementara.

Seiring berjalannya proses pelaksanaan Pilwabup Koltim yang akan dilaksanakan di DPRD Koltim dengan sistim one vote.

Namun, terlebih dahulu empat partai pengusung mengusulkan dua nama calon untuk bertarung memperebutkan kursi Wakil Bupati Koltim.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button