Metro Kendari

Konsumsi Pertamax Naik 46 Persen Saat Libur Panjang Natal

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – PT Pertamina (Persero) MOR VII Makassar mencatat masyarakat lebih cenderung menggunakan bahan bakar minyak (BBM)
jenis Pertamax, selama libur panjang Natal 2020.

Berdasarkan data internal Pertamina MOR VII, penggunaan BBM jenis Pertamax tembus diangka 46 persen pada 23 Desember, dan sebesar 40 persen pada 24 Desember, dibandingkan dengan konsumsi normal harian masyarakat.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan tingginya kebutuhan pemudik pada BBM berkualitas dan ramah lingkungan ini merupakan fenomena menarik.

“Pada libur panjang Natal ini, selain konsumsi Pertamax di Sulawesi yang meningkat dibandingkan konsumsi normal harian, pada H-1 Perayaan Natal (24/12),” ungkap dia, dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Senin (28/12/2020).

Selain Pertamax, Laode Syarifuddin menyebutkan peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertalite sebesar 31 persen, Pertamax Turbo naik di atas 5 persen, dan Dexlite naik signifikan hingga tembus di atas 70 persen.

Tak hanya itu, di sejumlah titik tempat wisata Sulawesi mengalami peningkatan konsumsi yang signifikan untuk produk BBM Berkualitas.

Sebut saja diToraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), disini konsumsi Pertamax mengalami peningkatan signifikan hingga naik 72 persen, dibandingkan di hari biasa.

Lalu di Sulawesi Utara (Sulut), yang diketahui banyak destinasi wisatanya, konsumsi Pertamax naik diatas normal selama masa libur natal dari tanggal 23 – 25 Desember yang sampai tembus kenaikan konsumsi hingga 94 persen atau hampir dua kali lipat dari konsumsi harian biasanya.

Sehingga kata dia, kondisi ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan bepergian untuk mudik ke kampung halaman ataupun berlibur bersama keluarga yang menempuh penjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima.

Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin, serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Maulana salah satu pelanggaan yang ditemui di SPBU 7491802 Jalan Poros Makale Rantepao Kabupaten, Toraja mengatakan untuk perjalanan jauh ia memilih Pertamax dikarenakan mesin menjadi lebih dingin bahkan lebih irit.

“Untuk perjalanan jauh saya pakai Pertamax, rasanya lebih bertenaga dan irit jadi kami tidak khawatir selama di perjalanan. Alhamdulillah mobil freed saya ini belum ada kendala berarti selama memakai Pertamax,” katanya.

Hal Senada juga diungkapkan Adi Putra Mokoginta, salah satu konsumen yang ditemui setelah mengisi Pertamax ke mobil Toyota Agya di SPBU 7195103 Jalan Piere Tandean, Kota Manado, ia bahkan menganjurkan masyarakat lain yang hendak melakukan perjalanan jauh menggunakan Pertamax untuk performa mesin lebih maksimal.

“Saya anjurkan untuk mengisi Pertamax, karna mobil semakin irit dan tarikan semakin enteng,” ungkapnya.

Sebagai informasi, saat masa Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Sulawesi sejak awal Desember hingga pertengahan Januari menyiagakan seluruh SPBU yang berada di jalur utama mudik dan wisata.

Dengan memperkuat pelayanan penyaluran BBM selama masa libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina menyiagakan 1 unit Mobile Dispenser di Makassar, 7 titik SPBU Kantong di daerah Toraja dan menyiagakan Motor Kemasan (PDS) sebanyak 22 titik yang tersebar di Sulawesi.

Sampai dengan 31 Desember 2020, masyarakat pun mendapatkan potongan harga bensin lebih hemat Rp250 per liter dengan menggunakan aplikasi My Pertamina untuk pembelian Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite.

Apabila masyarakat memerlukan informasi terkait produk Pertamina ataupun membutuhkan pemesanan produk BBM, LPG dan Pelumas Pertamina, Pertamina membuka layanan pelanggan melalui Pertamina Call Center 135.

Reporter: Sunarto
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button