Metro Kendari

Kolaborasi Relawan ASR dan SIC Ngajar Anak Pesisir di Konsel

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ada yang berbeda dengan yang dilakukan relawan Aku Sahabat Rakyat (ASR) Konawe Selatan (Konsel) selama ini.

Sebelumnya, relawan yang dibentuk Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka dikenal menjalankan kerja-kerja sosial kemasyarakatan semisal pembagian sembako dan memberikan bantuan lainnya.

Namun kini, ASR Konsel mulai menjaring komunitas-komunitas para milenial. Salah satunya berkolaborasi dengan Sultra Island Care (SIC) untuk bersama-sama mengajar para anak pesisir yang berada di Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konsel.

Ketua SIC Sarmawan Muin menjelaskan, SIC merupakan sebuah komunitas sosial di bidang pendidikan yang memberikan pendidikan khusus kepada para warga pesisir yang memiliki keterbatasan untuk mendapatan pendidikan formal.

“Kami telah berdiri sejak 2017 lalu dan sudah ada beberapa wilayah pesisir binaan kami salah satunya di Desa Wawatu ini,” ujar dia dalam rilis yang diterima Detiksultra.com, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut, dalam proses mengajar dan berbagi inspirasi bersama anak pesisir, SIC dan ASR memberikan pengajaran kepada masyarakat pesisir, khususnya mereka yang tidak mendapatkan pendidikan formal.

“ASR kini telah bergabung bersama SIC, karena kami memiliki tujuan yang sama dengan ASR di bidang sosial yang salah satunya adalah memberikan pendidikan layak kepada seluruh masyarakat khususnya wilayah pesisir dan wilayah pesisir terpencil. Dan kami berharap niat ASR bisa konsisten untuk bersama-sama SIC mewujudkan tujuan tersebut,” katanya.

Salah satu Relawan ASR yang mengikuti kegiatan mengajar bersama SIC, mengatakan keterlibatan ASR dalam kegiatan SIC tersebut adalah sebagai bentuk konsistensi komunitas ASR yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan.

“Sesuai amanah Dewan Pembina ASR, yaitu Bapak Andi Sumangerukka untuk setiap relawan masuk ke dalam sendi-sendi masyarakat, agar dapat berbaur bersama masyarakat. Dan SIC salah satu jembatan ASR untuk bisa berkontribusi langsung kepada masyarakat,” pungkasnya. (cds*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button