iklan
Metro Kendari

Kadis Kominfo Sultra Jadi Kandidat Pemenang TOP Digital Award 2022

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ridwan Badallah terpilih sebagai salah satu kandidat pemenang TOP Digital 2022.

Pada Jumat, 30 September 2022, Ridwan diuji selama 2,5 jam yakni dari pukul 14.30 sd 17.00. Pengujian ini untuk membuktikan kelayakan menerima penghargaan tertinggi bidang teknologi digital (IT & TELCO) yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.

Dirinya bersyukur dan bangga akan hal tersebut, terlebih kegiatan itu bukan saja pemberian award tetapi aspem edukasi peningkatan implementasi teknologi digital yang diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintah sejak 2016.

“Pada 28 Agustus 2020 saya dipercaya oleh Gubernur Sultra menjadi Kadis Kominfo, saya melihat gedung kantor tidak mencerminkan bahwa itu adalah dinas kominfo, di mana, infrastruktur baik fasilitas IT maupun SDM kurang maksimal,” katanya.

Bisa dikatakan lanjut dia, memprihatinkan, salah satunya karena tidak ada porsi anggaran, literasi digital peringkat 34, sekuritas IT serta tidak informatif.

“Selama setahun saya dan tim saling bekerja sama untuk berupaya menjadikan Diskominfo ini selayaknya kantor sesuai namanya, dengan memiliki server big data, perekrutan SDM menjadi anggota ke-70 Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dari 34 kemudian kita adakan Bimbingan Teknis (Bimtek),” jelasnya.

Inilah yang juga dipresentasikan Ridwan kepada dewan juri TOP Digital 2022, bagaimana dia membenahi Diskominfo Sultra.

Dewan jurinya yakni, Prof. Dr. Ahmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom selaku Prof Sistem informasi dan Wakil Dekan II bidang Sumber Daya Ventura administrasi umum, selanjutnya Dr. Melani K. Hariman yakni CEO Melani K. Hariman & Associate, CEO Dwika Consulting, Kusuma prabandari, Praktisi IT dan Penasihat Majalah IT WORKS, Ben Den Haan dan Penggiat IT, Agnes, bertindak sebagai Moderator ialah Akhmad Chury yang juga Redaktur Pelaksana Majalah IT WORKS.

Di kegiatan yang berlangsung secara on line tersebut moderator membagi tiga sesi, yakni presentasi kandidat selama 20 menit, pendalaman yang dilakukan oleh 5 dewan juri selama 60 menit, penyimpulan dan saran aksi oleh 5 dewan juri dan closing statement oleh kandidat.

Ridwan Badallah yang saat itu mengenakan kostum casual mendapat apresiasi menarik dari kelima dewan juri karena terlihat the man of digital milenial dan mampu meyakinkan dewan juri saat presentasi.

Dirinya juga memaparkan Provinsi Sultra dari 514 kabupaten dan kota, serta ratusan kementerian dan lembaga vertikal dan non vertikal yang berafiliasi dengan pemerintah serta perbankan. Dalam waktu setahun pihaknya telah membalikkan menjadi peringkat 17 dari 20 besar pemerintah daerah yang ter literasi digital. Selama dua tahun 2021 – 2022 dapat mempertahankan peringkat tujuh terkait keterbukaan informasi publik versi pokja IKIP, serta tahun 2021 mengangkat menjadi pemerintahan menuju informatif tahun 2022 ini.

Di akhir sesi, Ridwan memberikan apresiasi kepada IT works yang telah menyelenggarakan award tahunan ini melalui ujian kelayakan kandidat. Dirinya pun berterima kasih dan bangga telah diuji oleh panelis yang hebat, akademis dan penguji nasional yang telah memberi kesempatan untuk mendapatkan award dari IT WORKS sebagai kandidat pemenang TOP Digital 2022.

Sebagai jaminan kualitas award TOP Digital bahwa kegiatan ini menjadi ajang tahunan yang dilaksanakan majalah IT WORKS yakni media sosial bisnis, IT & telco, bekerjasama dengan beberapa asosiasi TI, TELCO, teknologi digital, seperti Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia (ASPEKTI), Ikatan Konsultan TI Indonesia (IKTI), dan beberapa asosiasi IT dan TELCO lainnya.

TOL Digital Award sendiri ialah penghargaan yang diberikan kepada vendor TI TELCO/solusi teknologi digital yang mendukung berkembangnya pemanfaatan teknologi digital di Indonesia. Digital Award 2022 yang terpilih dari 1.000 perusahaan dan instansi pemerintah yang terbaik dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital di seluruh Indonesia.

Adapun tahapan penilaian ialah pengembalian form finalisawancara penjurian finalis (daring), sidang dewan juri penentuan pemenang yakni, Webinar TOP Digital Awards 2022 dan penghargaan TOP Digital Awards 2022.

Dia berharap, semoga hasil penilaian membawa Kominfo Sultra semakin baik ke depan. (bds)

Reporter: Septi Syam
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button