Metro Kendari

Jelang Idul Adha, Pelabuhan Torobulu Diserbu Penumpang

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Jelang dua hari Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 Hijriah, Pelabuhan Torobulu Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mulai di padati penumpang dengan arah menuju Pelabuhan Tampo, Kabupaten Muna.

Dari pantauan Detiksultra.com, ada ratusan penumpang saat ini yang melakukan antrian motor dan puluhan mobil.

Salah satu penumpang Mahasiswa, Armin (19) asal Muna Barat, menuturkan dari pukul 02.00 Wita mulai star bersama rombongan dari Kota Kendari menuju Pelabuhan Torobulu.

“Dari pukul 02.00 Wita kami star dan tiba di Pelabuhan Torobulu pukul 04.00 Wita, itupun penumpang sudah banyak yang berdatangan,” ujarnya Minggu (18/8/2021).

Selain itu, ia menceritakan, sepanjang perjalanan dari Kendari hingga tiba di Pelabuhan Torobulu kendaraan roda dua maupun roda empat terus berlalu lalang.

Penumpang lainnya, seorang ibu yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan, setiap tahunnya pada momen lebaran Idul Adha pastinya menyempatkan berkumpul dengan keluarganya.

Namun, setelah tiba di pelabuhan Torobulu pukul 05.45, ibu ini mengaku antrian kendaraan roda dua sudah banyak.

“Saya dan suami sampai subuh disini itu pun sudah panjang antrian motor. Hingga saat ini kami masih menunggu antrian,” ucapnya.

Sementara, Petugas Portir Pelabuhan Torobulu, Karmin, mengungkapkan ada tiga kapal yang disiapkan untuk menyeberang dari Torobulu-Tampo.

Selain itu, ia menyebutkan jadwal waktu keberangkatan kapal rute dari Torobulu menuju Pelabuhan Tampo dengan angkutan pertama pukul 07.00 Wita, 10.00 Wita 13. 00 Wita dan 14.00 Wita.

Namun, melihat kondisi penumpang yang cukup banyak, pihaknya akan mengupayakan penumpang roda dua akan diusahakan dimuat sampai pukul 23.00 Wita.

“Momen seperti ini penumpang mengalami peningkatan sehingga kami usahakan mereka (penumpang) jangan ada yang bermalam disini, berarti kita bisa muat hingga pukul 20.00 s.d 23.00 Wita,” ujarnya.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, saat ini pihaknya menginstruksikan kepada atasan untuk menambah trip penyebrangan.

Reporter: Sesra
Editor: Via

Komentar

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button