Metro Kendari

Ini Makanan Sehat yang Dianjurkan Saat Berbuka Puasa

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ramadhan merupakan kewajiban untuk setiap umat muslim di dunia, dan kebahagian yang dirasakan diantaranya adalah saat waktu berbuka puasa.

Setiap makanan yang dikonsumsi selama bulan Ramadhan akan sangat menentukan kesehatan tubuh. Lalu, seperti apa ya makanan sehat saat berbuka puasa? Simak penjelasan berikut ini!

Dilansir dari The National, dr. Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, mengatakan bahwa puasa akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia jika dilakukan dengan tepat dan benar.

“Puasa selama bulan Ramadhan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tetapi hanya jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Jika tidak, itu dapat menyebabkan lebih banyak ruginya dari pada kebaikan. Sangat penting untuk memiliki kontrol diri ketika melihat makanan tidak sehat yang menggugah selera,” kata dr. Rahma Ali.

dr. Rahma juga menyebutkan bahwa pola makan saat berbuka harus sangat diperhatikan.

“Meskipun memastikan menu sahur yang sehat itu penting, kebiasaan makan selama berbuka puasa juga tidak bisa diabaikan. Karenanya, penting selama bulan Ramadan untuk berbuka puasa dengan menu seimbang zat dan gizinya,” tambahnya.

Makanan sehat saat buka puasa yang perlu diketahui yaitu:

1. Buah yang mengandung kalium, makanan yang tinggi kalium yaitu kentang, labu, alpukat, jamur, dan pisang. Serta Kurma adalah sumber nutrisi dan kalium yang baik untuk berbuka puasa.

2. Cairan yang cukup, minumlah air sebanyak mungkin antara waktu berbuka puasa dan waktu tidur untuk menghindari dehidrasi.

3. Sayuran yang mengandung air yaitu Ketimun, selada, dan sayuran lain yang kaya serat dan air, akan membantu tubuh terasa dingin, juga pilihan yang bagus untuk menjaga kulit tetap sehat, dan membantu terhindar dari penyakit sembelit selama bulan Ramadhan.

4. Kacang-kacangan seperti, Kacang almond mengandung lemak, baik untuk tubuh, terutama ketika tubuh tidak mendapat asupan lemak saat berpuasa.

Semoga bermanfaat dan tetap menjaga pola hidup sehat selama melaksanakan ibadah Puasa di Bulan Ramadhan.

Reporter: Faisal
Editor: Via

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button