Metro Kendari

IKA Alumni Peternakan UHO Gelar Audiensi dengan Ketua DPRD Sultra

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pertemuan dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdulrahman Shaleh guna membahas sektor peternakan di Sultra.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ikatan Alumni, BEM Peternakan dan DPM Peternakan UHO, dilaksanakan di ruang kerja Ketua DPRD Sultra, pada Senin (25/10/2021).

Ketua IKA Alumni Peternakan, Muhammad Salim, S.Pt.,M.Pt mengatakan, tujuan kami adalah mendesak pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Sultra dan DPRD Sultra untuk segera membentuk dinas peternakan provinsi/kabupaten/kota karena ini sudah menjadi kebutuhan daerah dan masyarakat Sultra.

Kata Salim, menjadi penting dengan terbentuknya instansi tersebut yang bertujuan untuk mengkomodir aspirasi peternak dan sarjana peternakan dalam mengaplikasikan ilmu peternakan sekaligus membantu pemerintah kabupaten/kota menuju swasembada Peternakan nasional.Serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada leading sektor peternakan.

“Sektor peternakan ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat bukan hanya di Sultra tetapi diseluruh Indonesia, namun melihat keadaan sekarang masih belum teroganisir dengan baik dan maksimal. Maka dari itu hadirnya satu instansi ini akan bisa memaksimalkan sektor Peternakan yang ada di Sultra,” kata Salim saat diwawancarai Detiksultra.com

Mantan Presma Unhalu 2006-2007 ini mengungkapkan, adanya instansi dinas peternakan tersebut dapat mengakomodir pengembangan peternakan dengan skala mandiri sekaligus mampu mengaplikasikan pikiran dan kapasitasnya tanpa perantara dari pihak manapun.

Padahal, sektor peternakan seharusnya mampu berdiri sendiri agar sumber daya peternakan dapat mengeksepasikan dengan riil bahwa sektor peternakan sudah sesuai dengan situasi yang sebenarnya.

” Potensi sumber daya peternakan sangat besar di Sultra, tentu dengan hadirnya Instasi tersebut dapat melahirkan kebijakan secara mandiri, pemanfaatan potensi serta penggunaan SDM lebih efisien, transparan dan akuntabel,” jelas Mantan Ketua BEM Pertanian Unhlau ini

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdulrahman Shaleh menuturkan, pihaknya Sangat mengapresiasi hadirnya IKA Alumni dan mahasiswa Peternakan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat peternak , Alumni dan mahasiswa peternakan Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, ini betul harus diperjuangakan serta pihaknya akan memanggil stokholder yang terkait guna membahas pembentukan Dinas peternakan dan kesehatan hewan yang ada Sulawesi Tenggara.

“Potensi sektor pertanian, peternakan dan sebagainya itu sangat luar biasa, semoga masukan alumni Peternakan bisa memberikan nilai-nilai positif terhadap pembicaran kedepanya,” terang ARS

Untuk diketahui, pada tanggal (01/11/2021) DPRD dan Stokholder terkait dan Alumni Peternakan akan mengadakan rapat bersama di Gedung DPRD Sultra.

Reporter: Betyrudin
Editor: Via

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button