Metro KendariPendidikan

IAIN Kendari Gelar FGD Kampanye Damai

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Politisasi sara menjadi salah satu hal yang patut diantisipasi menjelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018. Penyelenggara media memiliki andil besar dalam mempengaruhi situasi politik. Terutama terkait peran media sebagai pembentuk opini publik
Berkaitan dengan itu, IAIN Kendari bekerjasama dengan Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI) akan melaksanakan focus group discussion dengan mengangkat tema Peran Media Massa Dalam Menciptakan Kampanye Damai di Pilkada Serentak di Sulawesi Tenggara.
Kegiatan yang akan digelar di Aula Perpustakaan IAIN Kendari, Selasa 27/3/2018 ini menghadirkan penyelenggara Pemilu, insan pers dan akademisi.
Ketua Panitia Penyelenggara, Husain Insaan mengatakan, pada kesempatan ini narasumber dan peserta mendiskusikan beberapa hal. Antara lain situasi politik menjelang pilkada, memetakan potensi kecurangan pemilu dengan menggunakan politik identiras, serta merekomendasikan upaya yang perlu ditempuh untuk mengatasi kecurangan pada Pilkada Serentak.
“Harapan kami dari diskusi ini lahir sebuah rekomendasi yang bisa kita tempuh bersama dalam mewujudkan kampanye damai. Bebas dari politik identitas yang berbasis agama dan primordial,” ungkapnya.
Ia menambahkan, paradigma multikulturalisme tidak menyediakan tempat bagi pola pikir yang partisan, sektarian dan diskriminatif. Pemikiran mementingkan kelompok tertentu akan merugikan kepentingan masyarakat luas.
Sebelumnya, menurut data LSISI, Sultra dikategorikan sebagai salah satu daerah yang memiliki kerawanan tinggi terkait kecurangan pemilu dan keterlibatan ASN dalam mendukung pasangan calon tertentu.
Reporter: Uchi Indah Sari
Editor: Ann

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button