Metro Kendari

HUT Kendari ke-190, Pemkot Bangun Semangat Baru dengan Teknologi Kendaraan Listrik

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Kendari yang ke-190, Pemerintah Kota Kendari telah membangun semangat baru dengan mengenalkan teknologi kendaraan listrik.

Perayaan HUT Kota Kendari sendiri digelar secara virtual di Rujab Wali Kota Kendari, Minggu (9/5/2021) dan diikuti Wakil Wali Kota Kendari, Ketua DPRD Kota Kendari, seluruh stakeholder maupun OPD.

Salah satu dedikasi Pemkot Kendari tahun ini yakni membuat masyarakat mengenal teknologi terbaru kendaraan listrik, baik roda dua maupun roda empat.

Hal ini juga guna mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagai kota layak huni yang berbasis ekologi, informasi, dan teknologi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengungkapkan, melalui momentum HUT Kota Kendari yang ke-190 terus melakukan semangat yang terbaik untuk Kota Kendari.

“Yah mudah-mudahan ini nanti menjadi cara kita untuk memperkenalkan potensi yang ada di daerah ini karena kita tahu bersama Sultra memiliki potensi deposit nikel terbesar di dunia terkait dengan nikel dan salah satu produk hasilnya baterai litium yang menjadi komponen utama dari kendaraan listrik,” jelasnya.

Sulkarnain mengatakan, itulah salah satu alasan pemkot mengambil langkah memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat ibu kota Bumi Anoa itu.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada PT Hyundai yang mau bekerja sama mendukung program pemerintah untuk mewujudkan visi misi Pemkot Kendari.

Kendaraan listrik ini juga mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden RI Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Pemkot juga akan memakai sementara kendaraan listrik ini di operasional pemerintah yang selanjutnya akan diganti secara bertahap kendaraan yang selama ini menggunakan bahan bakar fosil.

“Saya berharap langkah ini merupakan salah satu langkah strategis dalam pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 sekaligus meningkatkan kualitas melalui lingkungan hidup yang bebas polusi dan ramah lingkungan,” ujarnya. (bds*)

Reporter: Sesra
Editor: J. Saki

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button