Metro Kendari

Gubernur Sultra Usulkan Perbaikan Jalan Landoono-Mowila ke Menteri PUPR

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM РGubernur Sultra, Ali Mazi  disebut telah mengusulkan pengaspalan ruas Jalan Landoono-Mowila, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Terkait usulan itu, disampaikan langsung oleh Plh Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Sultra, Abu Bakar, saat dihubungi awak Detiksultra.com, Rabu (30/11/2022).

Abu Bakar menyampaikan bahwa anggaran perbaikan ruas jalan tidak hanya bersumber dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD). Tetapi juga bisa dianggarkan melalui dana Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN).

Olehnya itu, mengingat pos APBD yang sifatnya terbatas dan bukan hanya difokuskan ke satu tempat, Gubernur Sultra bersama Dinas Bina Marga dan SDA Sultra berinisiatif untuk mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Pak gubernur sudah usulkan itu lewat ke pemerintah pusat, supaya bisa ditangani dari kementerian gitu,” ucapnya.

Baca Juga : Pemprov Sultra Anggarkan Perbaikan Jalan Rusak Landoono-Mowila Sepanjang 1,2 Km di APBD-P 2022

Menyusul pengajuan anggaran perbaikan ruas jalan ke pusat, Abu Bakar menyebut dari balai jalan (perpanjangan tangan Kementerian PUPR), telah meminta data teknisnya ke Dinas Bina Marga dan SDA Sultra.

Adapun yang mereka usulkan yakni sepanjang ruas jalan Landoono-Mowila yang penampakannya sudah rusak parah. Harapannya PUPR bisa mengamini permintaan Gubernur Sultra.

Meski pada akhirnya anggaran dari pusat yang turun tidak bisa menuntaskan sepanjang ruas jalan itu. Namun setidaknya bisa membantu pemerintah daerah dalam menangani ruas jalan yang rusak.

“Tergantung juga dari pusat anggaran turun berapa, nanti kita akan meyesesuaikan kondisi di lapangan. Makanya kami berharap tahun 2023, anggaran yang sesuai pak gubernur minta itu terealisasi supaya jalan di sana bisa tergangani,” pungkasnya.

Sebagai informasi, ruas jalan Landoono-Mowila yang mengalami kerusakan parah itu, kurang lebih 8 kilometer. Adapun penanganan sementara, Pemprov Sultra anggarkan senilai Rp3,2 miliar di APBD-Perubahan 2022 dengan asumsi yang akan diperbaiki 1,2 kilometer. (bds)

 

Reporter: Sunarto
Editor: Wulan Subagiantoro

lowongan kerja detiksultra

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button