Metro Kendari

Gelar Operasi Zebra, Pengurusan Smart SIM Semakin Meningkat

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Gelar operasi Zebra Anoa yang dilaksanakan serentak tanggal 23 Oktober hingga 5 November mendatang, rupanya telah meningkatkan pengurusan surat-surat kelengkapan kendaraan khususnya Smart SIM.

Pasalnya, setelah dilaunching sejak bulan September lalu dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0, Smart SIM merupakan jawaban pihak kepolisian akan tingkat keamanan data yang lebih akurat mengenai tingkat pelanggaran berkendara di lingkup masyarakat.

Selain mampu merekam jejak tingkat kepatuhan masyarakat dalam berkendara, hal itu pula yang akan dijadikan evaluasi pihak kepolisian lalulintas bagi pengendara dengan memberlakukan sistem reward (penghargaan) maupun punishment (sanksi).

[artikel number=3 tag=”razia,polantas”]

Ditlantas Kasubdit Bin Gakkum Polda Sultra, AKBP Ismail Mahmud menjelaskan, selain pada fungsi penyimpanan data, rupanya Smart SIM juga berfungsi sebagai penyimpan saldo.

“Dengan adanya Smart SIM akan memudahkan pengendara melakukan penyimpanan saldo dengan batas limit sebesar Rp 2 juta dimana ketika pengendara membayar sanksi pelanggaran yang ia lakukan, secara otomatis akan terdebet dari saldo sesuai dengan pasal dan sanksi pelanggaran yang ia dapatkan,” bebernya, Kamis(24/10/2019).

Tambahnya lagi, hal itulah yang mengakibatkan saat ini ramainya pengurusan Smart SIM untuk memudahkan masyarakat dalam mengatasi pembayaran sanksi lalulintas.

“Jadi saya kasih contoh misalkan ada seseorang yang ditemukan melanggar aturan lalulintas dengan melawan arus jalan, maka pada saat pemberian sanksi hukum melalui surat tilang si pengendara tidak usah lagi repot-repot ke bank membayar dendanya, karena melalui saldo Smart SIM akan terdebet secara otomatis,” tambahnya.

Salah seorang pengendara sepeda motor, Adin (34), mengaku, dengan adanya Smart SIM ia tidak perlu khawatir lagi harus repot-repot membayar denda.

“Saya rasa dengan hadirnya Smart SIM ini maka ketika kita khilaf melakukan pelanggaran dan harus membayar denda, tidak usah lagi repot-repot mengurus kemana-mana. Apalagi ketika dalam kondisi terburu-buru karena perihal lain apalagi mengingat sekarang sedang operasi zebra pasti banyak yang ingin mengurus,” jelasnya.

Reporter: Gery
Editor: Rani

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button