Metro Kendari

Garbarata Sultra Realisasi 30 Persen

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (LA) menjelaskan program Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata) sudah berjalan sekitar 30 persen.

“Walaupun belum maksimal tapi Alhamdulillah sudah berjalan sekitar 30 persen program lima pilar ini,” beber LA usai mengikuti upacara HUT Sultra ke-55, Sabtu (27/4/2019).

Garbarata merupakan sebuah konsep pembangunan merata dan berimbang antara wilayah kepulauan dan daratan.

[artikel number=3 tag=”kpu,kendari”]

Menjelang tujuh bulan kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur terpilih, LA menjelaskan program Garbarata melalui lima pilar Sultra Emas, sementara sedang berjalan.

“Program Garbarata dengan lima pilar Sultra Emas ditujuh bulan kepemimpinan kami, sedang berjalan,” ungkap mantan sekda pemprov Sultra ini.

Lanjut LA, lima pilar program Garbarata diantaranya Sultra cerdas, Sultra sehat, Sultra peduli kemiskinan, Sultra beradab dan beriman serta Sultra produktif.

“Alhamdulillah untuk masing-masing program sudah jalan, Sultra cerdas misalnya, digarap Dikbud provinsi melalui pemberian beasiswa dan peningkatan kualitas tenaga didik ditingkat SMA/SMK serta beasiswa pendidikan melanjutkan studi baik S1, S2 maupun S3,” katanya.

Selain itu, kata LA, ada pula Sultra sehat yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), pencanangannya dalam rangka gerakan masyarakat sehat (Germas), kemudian Sultra Peduli Kemiskinan, juga dilaksanakan di kabupaten Konawe dan Konkep yaitu bedah rumah, realisasinya baru 45 rumah.

“Ada juga Sultra beriman, kita kirim tanggung biaya umroh para imam dan majelis taklim untuk Umrah, termasuk bantuan pembangunan masjid. Sementara Sultra produktif, program ini sementara kami jalankan,” jelasnya.

LA berharap, dalam rangka HUT Sultra ke-55, melalui program unggulan pemerintah provinsi itu, dapat mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

“Harapan saya sebagai wagub dalam HUT Sultra, supaya program yang sedang realisasi ini, bisa menjadikan Sultra semakin aman, tentram dan mewujudkan masyarakat Sultra yang lebih sejahtera,” harapnya.

Reporter: Musdar
Editor: Dahlan

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button