Metro Kendari

DLHK Kendari Sosialisasi Pengelolaan Persampahan di Kampung Salo

PLAY

KENDARI, DETISULTRA.COM – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari sosialisasi pengelolaan persampahan di Kelurahan Kampung Salo, Kecamatan Kendari, Kamis (21/4/2022).

Sosialisasi pengelolaan persampahan yang dihadiri Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar, Babinsa, Ketua RW, RT, dan warga ini berlangsung di Kantor Kelurahan.

Sosialisasi dilaksanakan berkaitan rencana program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menghilangkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan diganti pelayanan sampah terpadu.

Kepala DLHK Kota Kendari, Nismawati dihadapan warga Kampung Salo, menyampaikan beberapa opsi penanganan sampah pasca penghilangan TPS.

Yakni, membentuk komunitas penanganan sampah terpadu di kelurahan, ada petugas yang siap mengambil sampah warga dari rumah ke rumah, dan opsi penyediaan kontainer sampah yang ditempatkan di titik tertentu.

“Kontainer ini kami siapkan untuk warga sebagai pengganti TPS. Nanti tinggal dikaitkan saja ke mobil kemudian dibawa ke TPS, jadi mudah,” katanya (21/4/2022).

Nismawati mengakui volume sampah di Kota Kendari cukup melimpah yakni sampai 300 ton per hari.

DLHK yakin program penghilangan TPS cukup baik untuk mewujudkan penanganan sampah secara maksimal di masyarakat.

Kepala Kelurahan Kampung Salo, Budi Utomo, mendukung program pengadaan kontainer sampah sebagai pengganti TPS di wilayahnya.

Tinggal sosialisasinya ditingkatkan agar warga paham dengan mekanisme program pengelolaan sampah di masyarakat khususnya kampung Salo.

“Jadi tidak ada tempat sampah yang ada kontainer, minimal satu kontainer dulu,” tukasnya.

Reporter: Via
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button