Metro Kendari

Disdukcapil Kendari akan Kembali Sasar Sekolah untuk Penerbitan KIA

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari mengungkapkan, sepanjanga 2021 penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) melampaui target.

Kepala Dinas Dukcapil Kendari Iswanto mengatakan, pihaknya selalu menyasar sekolah-sekolah yang belum memiliki KIA, sehingga setiap sekolah mendata siswanya untuk diterbitkan KIA.

“Untuk 2021 itu targetnya kan 107.346, akan tetapi untuk memenuhi target tersebut tidak mesti hitungan target tadi sehingga pada 2021 target 30 persen dari total target tadi itu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/3/2022).

Lanjut dia mengatakan, ada sebanyak 36.000 keping KIA yang sudah diterbitkan atau dicetak sehingga mencapai 33,54 persen hampir 34 persen dan melapaui target yakni 30 persen

Untuk meningkatkan kembali target tersebut, dirinya bakal melakukan hal yang sama seperti tahun sebelumnya, yakni ke sekolah-sekolah untuk mendata anak-anak yang belum memiliki KIA.

“Jadi untuk kepemilikan KIA tersebut usianya dari 0 tahun hingga 16 tahun itu dapat membuat KIA, yang mesti disiapkan untuk penerbitan KIA itu yakni akta kelahiran, kartu keluarga dan foto,” tutup Iswanto.

Untuk diketahui, data terakhir per 15 Februari 2022 cakupan KIA secara nasional mencapai 46,01 persen dan sudah melebihi target sebesar 40 persen. (bds*)

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button