iklan
Metro Kendari

Dinkes Sebut Hanya Ada Vaksin Sinovac dan Pfizer di Seluruh Faskes di Kendari

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mencatat hanya ada dua jenis vaksin Covid-19 yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kendari Ellfi mengatakan, dua jenis vaksin tersebut yakni Pfizer dan Sinovac.

“Untuk ketersediaan vaksin saat ini jenis vaksin Pfizer itu sebanyak 1.866 dosis dan jenis Sinovac 198 dosis yang tersebar di 21 fasilitas kesehatan di Kota Kendari,” ujar Ellfi di ruang kerjanya, Senin (19/9/2022).

“Jadi saat ini yang ada itu cuma dua jenis regimen, kalau jenis yang lain tidak tersedia, seperti Moderna tidak ada,” tambahnya.

Walaupun saat ini di Kendari tidak memiliki jenis vaksin Moderna, dia mengatakan, berdasarkan peraturan baru dari Dirjen P2P Kementerian Kesehatan, jika seorang menggunakan vaksin primer jenis Moderna maka untuk vaksin boosternya itu bisa menggunakan jenis Pfizer.

Lanjut dia mengatakan, walaupun sebelumnya tenaga kesehatan saat booster pertama menggunakan jenis vaksin Moderna, karena ada anjuran dari Kemenkes sehingga pada saat vaksinasi booster kedua bisa menggunakan jenis vaksin Pfizer.

“Untuk pemberian dosis Pfizer pada booster kedua tenaga kesehatan yakni setengah dosis Pfizer,” katanya.

Berdasarkan data vaksinasi 18 September 2022 ada sebanyak 1.453 tenaga kesehatan sudah menerima vaksin booster kedua. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button