iklan
Metro Kendari

Dinkes Kendari Perkenalkan Dua Jenis Vaksin Baru

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Kesehatan Kota Kendari mulai melakukan sosialisasi tentang dua jenis vaksin terbaru untuk disalurkan kepada masyarakat. Dua vaksin ini yakni vaksin HPV untuk mengatasi kanker leher rahim pada perempuan. Kemudian Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru pada bayi.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kendari, Ellfi mengatakan, sosialisasi dilakukan kepada masyarakat dan petugas kesehatan. Nantinya petugas kesehatan akan mengakomodir masyarakat di wilayah kerjanya.

“Mulai dari mendata murid sekolah dasar, lalu kelurahan yang menjadi wilayah kerja masing-masing Puskesmas untuk sosialisasi dua jenis vaksin ini,” ujar Ellfi di ruang kerjanya, Senin (3/10/2022).

Ia mengatakan, dua jenis vaksin tersebut kini sudah ada di Kendari. Akan tetapi yang baru didistribusikan ke Dinkes Kendari baru jenis HPV dan untuk PCV masih di Dinkes Sulawesi Tenggara (Sultra) atau belum didistribusikan.

Vaksin HPV diperuntukkan bagi anak kelas 5 SD atau usia 11 tahun khusus untuk perempuan. Sedangkan untuk jenis PVC diperuntukkan kepada bayi usia dua bulan.

“Jadi nanti setelah dilakukan sosialisasi tersebut, lalu datanya sudah terkumpul semua SD di Kendari, maka akan dilakukan penyuntikan. Untuk penyuntikan jenis HPV itu dilakukan maksimal dua kali yakni pada kelas 5 dan 6 SD. Kemudian untuk jenis vaksin PVC akan dilakukan tiga kali penyuntikan untuk bayi, pertama pada usia dua bulan, suntikan kedua pada usia tiga bulan dan penyuntikan ketiga pada usia 12 bulan,” bebernya.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan saat hendak menerima vaksinasi dua jenis tersebut yakni mesti sehat, sesuai kategori umur dan utamanya sarapan. (bds)

 

Reporter: Zubair
Editor: Wulan Subagiantoro

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button