Metro Kendari

Dinas Pertanian Kota Kendari Gelar Lomba Demplot 2021

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Pertanian Kota Kendari menggelar lomba demplot dengan memanfaatkan pupuk organik dan beragam tanaman. Lomba Demplot 2021 ini diikuti sembilan balai penyuluhan pertanian (BPP) se-Kota Kendari.

Kepala Dinas Pertanian Kendari Sitti Ganef mengatakan, lomba demplot yang diadakan hampir tiap tahun ini sebagai salah satu indikator untuk menilai para penyuluh pertanian.

Demplot merupakan sarana penyuluhan berupa percontohan yang dikerjakan penyuluh dan petani. Dengan tujuan untuk memastikan kemampuan serta kinerja para penyuluh dalam melakukan pembinaan terhadap para petani di lapangan.

“Salah satu bentuk motivasi penyuluh adalah dengan mengadakan lomba demplot. Dari hasil lomba tersebut telah dinilai dengan seksama,” kata Sitti Ganef

Ia menyampaikan, kriteria penilaian lomba demplot yang utama adalah pemanfaatan pupuk organik, kemudian proses perlakuan di dalam demplot.

Dalam hal ini, pihaknya menilai bagaimana proses membudidayakan tanaman tersebut, mulai dari pengelolaan hingga proses menanamnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dinas pertanian ini.
Menurutnya kegiatan ini merupakan suatu momen yang patut untuk selalu dilaksanakan sebagai salah satu motivasi bagi para penyuluh dan petani untuk terus memanfaatkan lahan pertanian yang ada di lingkungan sekitar.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini manfaatnya sangat besar membuat lingkungan menjadi hijau, asri, serta ada pemanfaatan dari kebutuhan vitamin. (cds*)

Reporter: M/IS
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button