Metro Kendari

Covid-19 Meredah, Tripel-K Bangkitkan UMKM di Kendari Melalui Gelaran Wisata Kuliner

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Kurang lebih dua tahun berjalan sejak pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) merebak di Indonesia pada awal 2020.

Tentunya membuat sektor perekonomian menjadi terdampak. Sebagian besar yang terdampak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Karena Covid-19 sudah mulai mereda, khususnya di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sebuah komunitas memanfatkan kelonggaran guna membangkitkan UMKM, setelah terpuruk dua tahun.

Komunitas bernama Kuliner Kendari (Tripel-K) mengadakan event wisata kuliner Kendari Food Festival (KFF) di pelataran Tugu Religi Sultra atau Eks MTQ Kendari.

Gelaran wisata kuliner yang diisi puluhan pelaku UMKM di Kota Kendari, dimulai 22 hingga 26 Maret 2022 mendatang.

Ketua Tripel-K Kendari, Muhammad Yusril mengatakan, event ini sebagai ruang bagi pelaku UMKM untuk kembali survive atau bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Untuk gelaran wisata kuliner KKF sendiri sudah keempat kalinya digelar. Terkahir sebelum pandemi Covid-19 pada 2019 silam.

“Alhamdulillah dikasih ruang oleh Dispar Sultra. Semoga kegiatan yang keempat ini kembali dilaksanakan,” ungkap dia.

Dirincikannya, sebanyak 42 brand UMKM ikut berpartisipasi di wisata kuliner KLF tahun 2022 ini. Olehnya itu, ia berharap melalui ajang ini UMKM di Kota Kendari bisa memberi dampak positif.

“80 persen dari Tripel-K. Antusias para pelaku UMKM luar biasa. Apalagi ini acara pertama setelah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara perwakilan Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Diana berharap, event kali keempat yang dilaksanakan ini dapat terus dilaksanakan.

“Semoga ini dapat dilaksanakan di tahun-tahun mendatang,” katanya. (bds*)

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button