Metro Kendari

Catat!!! Mulai Besok Disperindag Sultra Kembali Gelar Pasar Murah Sembako Tanpa Syarat

PLAY

KENDARI, DETIKSULTRA.COM – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan langkah antisipasi menekan lonjakan harga jelang Bulan Ramadan 1443 H.

Salah satunya dengan menggelar pasar murah untuk sembilan bahan pokok (Sembako). Ini dilakukan guna menstabilkan harga di momen besar Umat Islam itu.

Kapala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Ld Muhamad Fitrah Arsyad mengatakan, gelaran pasar murah sembako dilaksanakan mulai besok, Jum’at 25 Maret 2022.

“Lokasinya di pelataran Kantor Diperindag Sultra. Dimulai¬† besok hingga sampai tanggal 29 Maret mendatang,” ujar dia kepada Detiksultra.com, Kamis (24/3/2022).

Pasar murah sembako ini dibuka untuk umum, tanpa ada syarat. Adapun yang disediakan nanti berupa beras, gula pasir, telur, bawang, minyak goreng dan kebutuhan sembako lainnya.

Semua yang dijual dalam pasar murah nanti, lanjut dia, patokan harganya langsung harga distributor atau dibawah harga pasaran.

Terkecuali minyak goreng yang sudah menyesuaikan mekanisme pasar dengan harga Rp28 ribu per liter. Karena harga eceran tertinggi (HET) telah dihapus pemerintah.

Untuk stok atau ketersediaan minyak goreng di pasar murah nantinya, pihak dia belum mengetahui secara pasti berapa banyak yang akan disuplai distributor.

“Minyak goreng yang belum kami pastikan. Kami sendiri juga berusaha menjaga ini, makanya kami tidak fokus di minyak, takutnya kalau kami fokus di minyak justru harga sembako lainnya yang naik,” jelasnya.

Mengenai gelaran pasar murah, tambah Fitrah, pihaknya memang rutin mengelar setiap menjelang bulan ramadan dan lebaran idul fitri.

“Jadi dua kali. Nanti jelang lebaran kita kembali gelar lagi, seminggu sebelum lebaran. Juga sekaligus kita sediakan 1000 kupon gratis untuk masyarakat kurang mampu,” tandasnya.

Reporter: Sunarto
Editor: J. Saki

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button